Polisi Bekuk Pelaku Pengoplos Beras Bulog

Polda Banten menangkap 7 pelaku pengoplos beras Bulog
Sumber :
  • VIVA/Yandi Deslatama

PADANG – Kepolisian Polda Banten berhasil menangkap 7 orang pelaku pengoplos beras Bulog pada Jumat, 10 Februari 2023. Para pelaku yakni HS (36), TL (39), AL (58), BR (31), FR (42), HM (66) dan ID (30).

Jokowi Pastikan Stok Beras Aman Agar Harga Terkendali

Para pelaku mencampur beras Bulog kelas premium sebanyak 350 ton dengan kelas medium, kemudian dibungkus ulang kemudian dijual dengan harga yang lebih tinggi.Beras yang dibungkus ulang dan dioplos itu kemudian diedarkan ke pasar tradisional dan pertokoan.

Dirut Bulog Budi Waseso, mengatakan akibat ulah para pelaku harga beras di pasaran menjadi mahal sehingga sulit dijangkau masyarakat, dan menyebabkan inflasi di Indonesia.

Tujuh Kecamatan Terdampak Banjir dan Longsor di Kota Bitung, Sulawesi Utara

"Repacking beras Bulog menjadi beras premium dengan berbagai merek, mengoplos beras Bulog dan beras lokal, menjual beras di atas harga HET," ujar Buwas dilansir dari VIVA Jumat 10 Februari 2023.

Buwas memperkirakan pengusaha itu membeli beras saat operasi pasar, kemudian diselewengkan untuk mencari keuntungan berlimpah tanpa mempertimbangkan kemampuan daya beli masyarakat.

Generasi Milenial Sumbar Diajak Cegah dan Berantas Perundungan

Buwas menjelaskan para pelaku membeli beras Bulog kualitas premium seharga Rp 8.300 per kilogram, kemudian ketujuh pelaku menyelewengkan beras bersubsidi itu dengan menjualnya kembali seharga Rp 12 ribu per kilogram. Mereka mendapatkan keuntungan sebesar Rp 3.700 per kilogramnya.

Beras kualitas premium yang mereka beli dari Bulog dibungkus ulang dan dioplos, menjadi berbagai merk, seperti Rojo Lele, beras SB, beras PS hingga beras Badak.

Halaman Selanjutnya
img_title