Galodo Hantam Malampah Barat, Jembatan Utama Putus

Kondisi Jembatan Di Malampah Barat Yang Putus Akibat Banjir Bandang
Sumber :
  • Padang Viva

Padang – Galodo alias banjir bandang, dilaporkan menerjang wilayah Malampah Barat, Kabupaten Pasaman, Sumatra Barat tepatnya di tepatnya di Jorong Koto Tabek, Rabu 22 Februari 2023 sekira pukul 15.40 WIB. Wali Nagari Malampah Barat, Yuni Efendi menyebut, akibat dari banjir bandang tersebut, jembatan utama diwilayah itu putus.

Banjir Tiga Kecamatan di Musi Rawas Utara Berangsur Surut

"Telah terjadi galogo di jorong Koto Tabek. Jembatan utama putus,"kata Yuni Efendi, Rabu 22 Februari 2023.

Selain mengakibatkan jembatan utama putus, menurut Yuni Efendi, berdasarkan laporan yang masuk tiga unit rumah warga setempat juga mengalami kerusakan. Selain itu, kejadian banjir bandang yang dipicu tingginya curah hujan ini, juga berdampak terhadap lahan pertanian warga.  

51.812 Jiwa Terdampak Banjir Bandang Musi Rawas Utara

"Kepada BNPB, BPBD Provinsi dan Kabupaten untuk segera membangun kembali jembatan dan lahan pertanian yang rusak. Kami berharap pemerintah segera turun kelapangan dan membangun jembatan darurat akses kampung kami,"tutup Yuni Efendi.

Hingga kini, belum ada pernyataan resmi baik dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman maupun BPBD Sumatra Barat terkait dampak dan kerugian yang timbul akibat peristiwa ini. 

Penanganan Darurat Tetap Berlanjut Meskipun Status Gunungapi Ruang Turun menjadi Level III