Ribuan Ikan KJA Danau Maninjau Mati

Ikan Di Danau Maninjau Mati
Sumber :
  • Padang Viva/Andri Mardiansyah

Padang – Ribuan Ikan budidaya Keramba Jaring Apung (KJA) milik warga di Kenagarian Bayua, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mati, Kamis 2 Maret 2023. Kematian ikan jenis Nila secara massal ini, rutin terjadi setiap tahun. 

ASN Padang Tunjukkan Semangat Baru di Hari Pertama Kerja Pasca Lebaran, Kehadiran Capai 100 Persen

Matinya, disebabkan oleh faktor cuaca buruk dan banyaknya endapan pakan yang menyebabkan kadar oksigen air Danau Maninjau berkurang. Warga setempat ada juga yang menyebut kematian ini, disebabkan oleh faktor tubo (racun) belerang mengingat Danau Maninjau merupakan danau vulkanik.

Yaser (38 tahun), salah seorang petani ikan budidaya Keramba Jaring Apung setempat menyebut, fenomena kematian ikan ini sudah terjadi sejak Tiga hari terakhir. Dia bilang, ada sekitar 124 keramba milik petani di Kenagarian Bayua ini mengalami hal serupa.   

Arus Balik Rute Padang-Bukittinggi Via Padang Panjang Disebut Aman dan Terkendali

ikan Di Danau Maninjau Mati

Photo :
  • Padang Viva/Andri Mardiansyah

"Matinya sejak hari senin kemarin. Rutin terjadi,"kata Yaser, Kamis 2 Maret 2023.

Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi Terjang Pemukiman Warga

Yaser bilang, saat ini bangkai ikan yang berserakan di tepi Danau Maninjau sudah membusuk dan menebar aroma tak sedap. Meski demikian, proses pembersihan oleh para petani juga sedang dilakukan.

"Kondisi ini, membuat para petani mengalami kerugian mencapai miliaran rupiah. Ikan yang saat ini seharusnya dipanen menjelang lebaran Idul Fitri, malah sudah mati.  Ya, saat ini petani menunggu cuaca membaik untuk kembali membudidayakan ikan. Kalau sekarang, cuaca kurang bagus untuk menebar bibit kembali,"tutup Yaser.

Halaman Selanjutnya
img_title