Getaran Gempa M4,5 Picu Longsor di Tebing Ngarai Sianok

Peta Gempa Bukittinggi 8 April 2023
Sumber :
  • BMKG

PadangGempabumi magnitudo 4,5 menggetarkan tanah Bukittinggi, Sumatera Barat, Sabtu 8 April 2023 pukul 12.21 WIB. Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kelas 1 Padang Panjang, gempabumi ini berlokasi di 0.30 Lintang Selatan dan 100.28 Bujur Timur atau tepatnya di 9 kilometer Barat Laut kota Bukittinggi dengan kedalaman 10 kilometer.

PSPP Menang Telak Melawan Excellent FC di Laga Halalbihalal Arisal Azis 2024

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bukittinggi, Ibentaro Samudra menyebut, gempabumi ini tidak menimbulkan kerusakan. Namun, berdasarkan laporan yang masuk, gerakan tanah atau longsor terjadi tebing objek wisata Ngarai Sianok

"Ya, terjadi longsor. Tapi tidak begitu banyak materialnya. Tidak ada korban jiwa,"kata Ibentaro Samudra, Sabtu 8 April 2023.

Jelang HKBN 2024, Pemko Padang Matangkan Persiapan

https://padang.viva.co.id/ragam-perkara/1645-gempa-kuat-getarkan-kota-bukittinggi

Dijelaskan Ibentaro Samudra, posisi atau lokasi longsoran akibat gempabumi mgnitudo 4,5 ini berada persis setelah jembatan. Laporan yang masuk, saat kejadian longsor ada pengendara yang melintas. Namun, selamat. Dengan demikian, dipastikan tidak ada korban jiwa. Dari hasil laporan anggota, kondisi saat ini aman.

PLN Sumbar Dukung Percepatan Green Port: Kolaborasi Menuju Langit Biru Sumatera Barat

Diketahui, sejak Jumat kemarin aktivitas kegempaan di kota Bukittinggi mengalami peningkatan. Hingga pukul 13.34 WIB hari ini, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya enam kali aktivitas kegempaan. Dengan demikian, sejak kemarin. sudah tercatat tujuh kali kejadian gempabumi yang menggetarkan tanah Bukittinggi dengan magnitudo beragam.