Ada MoU UPLAND Diajang Temu Usaha Agribisnis KTNA XVI

MoU UPLAND Project
Sumber :
  • Padang Viva

Padang – Temu Usaha Agribisnis yang merupakan bagian dari rangkaian helatan Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XVI di kota Padang, Sumatera Barat, menghasilan sejumlah Memorandum of Understanding (MoU).

Pemkab Solok Selatan Bagikan Ribuan Paket Sembako 

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan) Ali Jamil bilang, MoU UPLAND Project PSP itu, antara korporasi dengan mitra eksportir. Di antaranya, koperasi produsen Perwira Cipta Mandiri dengan Mitra exportir PT Java Agritech.

Produk yang dikerjasamakan kata Ali Jamil antara lain, lada putih 40 ton (@85.000) dan lada hijau 7 ton (@25.000) dengan nilai total Rp 3.575.000.000. Lalu, koperasi produsen Gupon Sekarlangit dengan Mitra exportir PT Hassana Boga Sejahtera Tbk melalui produk beras putih 360 ton (@14.500) dan beras merah 24 ton (@16.500).

Banjir Grobogan: Lebih dari Separuh Wilayah Terendam, Ribuan Warga Mengungsi

"Kontak bisnis dan transaksi bisnis yang telah disepakati diharapkan dapat ditindaklanjuti untuk memasarkan produk pertanian, kehutanan dan perikanan. Hal ini didorong menjadi skala yang lebih luas dan berkelanjutan, yang akhirnya dapat lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani dan nelayan Indonesia,"kata Ali Jamil, Selasa 13 Juni 2023.

Sementara itu, Rahmanto selaku Direktur Irigasi Dirjen Prasarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian memberikan apresiasi kepada petani di dua kabupaten tersebut yang telah berhasil menjalin kemitraan pasar di ajang PENAS XVI. 

Keren, Desa Wisata Kubu Gadang Ada Cafe Sawah Sarumpun Padi 

Rahmanto menjelaskan bahwa, program UPLAND yang ada di Ditjen PSP merupakan program peningkatan pendapatan petani yang didesain secara integratif, dimana intervensi program dimulai dari sektor hulu (produksi) sampai dengan pasca panen, untuk memastikan terjadinya peningkatan rantai nilai produk pertanian.

Terpisah, Pengelola Program UPLAND, Farakka Sari bilang jika penandatanganan MOU yang dilakukan oleh Kelompok Tani binaan UPLAND ini, diharapkan mampu meningkatkan produktivitas pertanian dan menembus pasar Internasional. 

Halaman Selanjutnya
img_title