Andre Rosiade Pastikan Proyek Pembangunan Flyover Sitinjau Lauik Sumbar Jadi

Anggota DPR RI Komisi VI, Andre Rosiade
Sumber :
  • Padang Viva/Andri Mardiansyah

Padang – Anggota Komisi VI DPR-RI, Andre Rosiade memastikan jika rencana proyek pembangunan flyover alias jembatan layang di jalur Sitinjau Lauik, Kota Padang, Sumatra Barat jadi dengan, mekanisme Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

"Progres pembangunan flyover Sitinjau Lauik sedang dalam masa persetujuan izin prakarsa. Proyek ini nantinya dikerjakan dengan sistem atau mekanisme KPBU,"kata Andre Rosiade, Kamis 22 Juni 2023.

Andre bilang, dari konsep rencana pembangunan flyover tahap pertama di titik Panorama satu, diperkirakan akan menelan anggaran hingga Rp27 triliun. Anggaran itu, sudah termasuk untuk evaluasi kesepakatan rencana biaya pelaksanaan (RBP) konstruksi, pemenuhan dokumen KA-ANDAL (Kerangka Acuan Analisis Dampak Lingkungan) dan pemenuhan dokumen DPPT (Dokumen Perencanaan Pengadaan Tanah).

PDI Perjuangan Sumatera Barat Menang Atas Gugatan Leo Murphy

Menurut Andre, pembangunan flyover ini sangat penting karena, selain dapat memberikan manfaat sosial berupa pemerataan pembangunan, dan peningkatan aksesibilitas, juga dapat mengurangi angka kecelakaan yang cukup tinggi. Untuk itu, besar harapan kita proses terus berjalan dan Sumbar akan memiliki flyover baru yang bisa dinikmati. Karena selama ini di jalur Sitinjau Lauik rawan terjadi kecelakaan, dan menjadi titik rawan longsor bila cuaca lagi hujan. 

"Tentu akan banyak manfaatnya, seperti manfaat ekonomi yang akan mempengaruhi peningkatan produktivitas, menghemat waktu, pengurangan biaya dan operasional kendaraan. Manfaat lingkungan juga didapat, seperti pemerataan pembangunan, keselamatan transportasi dan peningkatan aksesibilitas,"ujar Andre.

PSPS Siap Tempur! Luncurkan Tim dan Jersey Baru Jelang Kick Off Liga 3 Putaran Nasional

Terpisah, Anggota DPR RI Fraksi partai Gerindra dari komisi V, Sumail Abdullah menyebut jika Fraksi Gerindra akan terus mengawal rencana pembangunan Sitinjau Lauik.

"Andre Rosiade memang konsisten bila ada hal yang bersinggungan dengan daerah asalnya (Sumbar) ini. Kami dari fraksi Gerindra tentu mendukung upaya ini, apalagi Andre yang turut menginisiasi rencana flyover Sitinjau Lauik,"ujar Sumail.

Halaman Selanjutnya
img_title