Awas Kolesterol Tinggi! 7 Tips Bijak Mengkonsumsi Daging Hari Raya Idul Adha

Ilustrasi Makanan Hari Raya Idul Adha
Sumber :
  • Shutterstock

Padang – Momen Idul Adha erat kaitannya dengan makanan tinggi kolesterol. Sebab, saat berkumpul bersama keluarga, olahan daging sapi dan kambing kerap menjadi menu utama dalam perayaan Idul Adha. 

Akreditasi UPT Kesehatan Solok Selatan Meningkat Signifikan, Raih Predikat Paripurna dan Utama

Meskipun daging menawarkan zat gizi yang penting bagi tubuh, tapi jika tidak bijak dalam mengonsumsinya, bisa saja makanan tersebut akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Hal tersebut disampaikan dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padang Panjang, dr. Sri Angraini kepada Kominfo Padang Panjang, Jumat (30/6/2023).

Maknyusnya Kolak Labu Kuning Yang Bikin Ketagihan 

Menurut World Cancer Research Fund, kata Sri, untuk meminimalkan risiko kesehatan, sebaiknya hanya mengonsumsi daging merah tak lebih dari tiga porsi seminggu. 

Tiga porsi setara dengan 350-500 gram daging merah matang per minggu atau sekitar 50-70 gram per hari. 

Bupati Khairunas Ingatkan OPD Perbaiki Kinerja dan Pelayanan Publik

Dikatakannya, daging merah memiliki kadar lemak yang tinggi, terutama lemak jenuh. Memakan lemak jenuh dalam porsi yang berlebihan dapat meningkatkan kolesterol dalam darah. 

Kadar kolesterol yang tinggi akan meningkatkan risiko berbagai penyakit. Termasuk penyakit jantung, diabetes melitus dan penyakit keganasan.

Halaman Selanjutnya
img_title