Gempa Magnitudo 6.4 Bantul Bikin Rusak Bangunan Warga

Peta Guncangan Gempabumi Bantul
Sumber :
  • Padang Viva

Padang – Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis, gempabumi tektonik magnitudo 6.4 yang menggetarkan tanah Bantul, Yogyakarta pada Jumat malam 30 Juni 2023 pukul 19.57 WIB, memicu kerusakan. 

Update Gempa Garut: 267 Bangunan Rumah Dilaporkan Rusak

Data rilis yang dikeluarkan BNPB pukul 20.40 WIB, dua unit rumah di kabupaten Kebumen dan satu unit rumah warga di Kabupaten Gunung Kidul, dilaporkan mengalami kerusakan ringan akibat getaran gempa yang berpusat di 86 kilometer Barat Daya Bantul dengan kedalaman 25 kilometer tersebut. Selain itu, jaringan listrik di beberapa wilayah di Kebumen terputus karena kerusakan pascagempa. 

"Pudalops BNPB akan terus memonitor dan melakukan koordinasi dengan beberapa BPBD di wilayah DIY, Jateng dan Jawa Timur. Tim Reaksi Cepat BPBD di wilayah terdampak, telah berada di lapangan untuk melakukan pendataan dan pemantauan,"kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari melalui siaran persnya, Sabtu 1 Juli 2023. 

Dampak Gempa Garut Bertambah, 110 Rumah Rusak dan 8 Orang Luka

Abdul bilang, getaran gempabumi ini dirasa warga cukup kuat di beberapa wilayah antara lain di Kabupaten Bantul, Kulon Progo dan Gunung Kidul di DIY. Sedangkan di Provinsi Jateng, gempa juga dirasa warga di Kota Surakarta, Kabupaten Kebumen dan Klaten. 

"Guncangan gempa juga dirasakan warga Trenggalek, Jawa Timur dengan intensitas sedang hingga kuat selama 20 detik,"ujar Abdul. 

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

Menyikapi fenomena gempabumi ini kata Abdul, BNPB mengimbau warga untuk waspada dan siap siaga serta, pastikan struktur bangunan rumah tetap kokoh sebelum kembali ke dalam rumah pascagempa. 

"Persiapkan tas siaga bencana apabila harus melakukan evakuasi ke tempat aman sementara,"tutup Abdul.