Gempa Bantul Tewaskan Satu Warga 

Evakuasi korban gempa bantul
Sumber :
  • BNPB

Padang – Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menyebut, satu warga di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), terkonfirmasi meninggal dunia akibat gempabumi magnitudo 64 yang terjadi pada Jumat malam 30 Juni 2023 pukul 19.57 WIB. 

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

"Berdasarkan informasi terkini, 1 warga di Bantul meninggal dunia, 1 lainnya luka ringan. Di Kabupaten Tegal, Jateng juga terdapat 1 warga mengalami luka ringan,"kata Abdul Muhari, Sabtu 1 Juli 2023. 

Abdul menjelaskan, berdasarkan rilis data dari BPBD Kabupaten Kebumen di Jawa Tengah, 11 kepala keluarga (KK) terdampak, satu KK diantaranya mengungsi. Sedangkakan di Kabupaten Purbalingga ada 4 KK (15 jiwa) juga terdampak. Petugas BPBD setempat hingga kini, masih melakukan pendataan dan penanganan darurat di lapangan. 

Banjir Tiga Kecamatan di Musi Rawas Utara Berangsur Surut

"Total rumah yang mengalami kerusakan ada sebanyak 93 unit dengan tingkat ringan hingga sedang. Petugas masih terus mendata jumlah rumah terdampak, baik di wilayah DIY, Jateng dan Jatim,"ujar Abdul Muhari.

https://padang.viva.co.id/ragam-perkara/1997-gempa-magnitudo-64-bantul-rusak-bangunan-warga

51.812 Jiwa Terdampak Banjir Bandang Musi Rawas Utara

Lebih lanjut Abdul menyebut selain tempat tinggal, dampak gempabumi ini juga menyasar fasilitas umum seperti tempat ibadah, sekolah, pemerintah, kesehatan maupun jaringan listrik. 

Kerusakan ringan fasilitas ibadah hingga kini tercatat ada sebanyak 1 unit dan jaringan listrik di Kebumen, Jateng juga rusak. Sedangkan di DIY, sekolah rusak 1 unit dan fasilitas pemerintah 5 unit di Gunung Kidul. Lalu, fasilitas pendidikan 1 unit di Bantul dan fasilitas kesehatan 1 unit di Kulon Progo.

Halaman Selanjutnya
img_title