Update Gempa Bantul: Penanganan Korban Jadi Prioritas Utama

Korban gempa bantul
Sumber :
  • BNPB

Padang – Penanganan korban dan pendataan menjadi prioritas utama tanggap darurat pasca gempabumi tektonik magnitudo 6.4 yang menggetarkan tanah Bantul, Yogyakarta pada Jumat malam 30 Juni 2023 pukul 19.57 WIB.

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menyebut, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan unsur terkait di wilayah Yogyakarta saat ini sedang melakukan upaya tanggap darurat, seperti penanganan korban luka-luka, pendirian tenda pengungsian dan penyediaan makan dan minum warga terdampak. 

"Petugas BPBD juga melakukan kaji cepat dan kaji kebutuhan pasca gempa. Daerah yang warganya merasakan guncangan antara lain di Kabupaten Bantul, Gunung Kidul, Kulon Progo dan Sleman,"kata Abdul Muhari, Sabtu 1 Juli 2023. 

Banjir Tiga Kecamatan di Musi Rawas Utara Berangsur Surut

https://padang.viva.co.id/ragam-perkara/1998-gempa-bantul-tewaskan-satu-warga

Abdul merinci, data per pukul 08.10 WIB tadi tercatat korban jiwa dengan total terdampak 106 Kepala Keluarga (KK), mengungsi 5 KK, luka-luka 9 orang dan meninggal dunia 1 orang. 

51.812 Jiwa Terdampak Banjir Bandang Musi Rawas Utara

Korban luka-luka itu kata Abdul, teridentifikasi ada di Kabupaten Gunung Kidul sebanyak 2 orang, Bantul 1 dan Sleman 1 orang. Sedangkan korban meninggal 1 orang di Kabupaten Bantul.  

"Warga terdampak terbanyak berada di Kabupaten Gunung Kidul dengan 58 KK, selanjutnya Bantul 31 KK, Kulon Progo 16 KK dan Sleman 3 KK. Sebanyak 5 KK sampai kini masih mengungsi di Padukuhan Kuwon Kidul, Pacarejo, Semanu, Gunung Kidul,"ujar Abdul.

Halaman Selanjutnya
img_title