Video Gubernur Sumbar Diusir Mahasiswa UIN Bukittinggi Viral

Tangkapan Layar Aksi Penolakan Gubernur Sumbar
Sumber :
  • Padang Viva

Padang – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi diusir mahasiswa saat hendak memberikan pembekalan Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK) di Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M Djamil Djambek, Bukittinggi. Pesertanya adalah, mahasiswa baru. Video aksi penolakan itupun kini viral di laman media sosial. Peristiwa itu, disebut terjadi pada Selasa kemarin.

Pengakuan Status Hutan Adat di Pasaman Barat Segera Diajukan

Dilihat dari cuplikan video yang beredar, tampak Gubernur Mahyeldi sedang duduk dihadapan ribuan mahasiswa baru diatas panggung dalam ruangan Student Center UIN Bukittinggi. Berdasarkan informasi, disaat sesi tanya jawab ada seorang mahasiswa yang kemudian mengambil kendali diatas panggung.

Dengan spontan, mahasiswa tersebut berorasi dan menolak kedatangan Mahyeldi. Orasi mahasiswa itu pun mendapatkan sorakan dan tepuk tangan dari ribuan mahasiswa baru yang hadir pada saat itu. Tak hanya itu saja, spanduk bertuliskan isu Proyek Strategis Nasional (PSN) dan Ham dilangkahi juga tampak terbentang.

Bawa Ganja Ratusan Kilo, Oknum Polisi Padang Panjang Ditangkap 

Informasi yang dihimpun, sikap mahasiswa yang menolak keras kehadiran Gubernur itu, berkaitan dengan masalah isu usulan Proyek Strategis Nasional (PSN) di Air Bangis, Kabupaten Pasaman Barat. Mahasiswa menuntut usulan PSN yang diajukan Gubernur Mahyeldi ke Pemerintah Pusat dicabut lantaran dinilai mengancam keberadaan masyarakat disana.

Aksi solidaritas terhadap masyarakat Air Bangis ini, sudah terjadi sejak beberapa waktu lalu. Bahkan, selama lima hari diawal Agustus 2023, ribuan warga Air Bangis dan Mahasiswa juga melakukan demonstrasi di kantor Gubernur Sumbar.

Pariwisata Sumbar Berkembang Pesat, Desa Wisata Jadi Motor Penggerak