Hebat, Puskesmas Andalas Padang Raih Akreditasi Paripurna

Puskesmas Andalas Padang Raih Akreditasi Paripurna
Sumber :
  • Diskominfo Padang

PadangPuskesmas Andalas Padang meraih akreditasi paripurna dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada tahun 2023 ini. Hal ini disampaikan Kepala Puskesmas Andalas, Weni Fitria Nuzulis dalam rilis resmi Pemko Padang, Sabtu kemarin.

87.304 Pelajar Ikuti Pesantren Ramadan di Kota Padang

Sebelumnya, Weni menjelaskan akreditasi Puskesmas Andalas berada di kategori madya, meningkat menjadi paripurna setelah mendapat penilaian lima bab instrumen akreditasi yang dijadikan pedoman, yaitu kepemimpinan dan manajemen puskesmas, upaya kesehatan masyarakat, upaya kesehatan perorangan, program prioritas nasional dan mutu puskesmas.

"Jadi lima bab itu yang disiapkan, mulai dari regulasi, dokumen, observasi, wawancara dan simulasi," jelas Weni.

Tahun Berganti, Wako Padang Minta Pelayanan ke Masyarakat Ditingkatkan Kualitasnya

Kemudian Ia menyebutkan, penilaian tim survei akreditasi dilaksanakan pada 31 Juli dengan pertemuan awal secara daring, dilanjutkan pada 3 sampai 4 Agustus secara tatap muka.

"Puskesmas Andalas merupakan puskesmas pertama yang dinilai di Kota Padang untuk reakreditasi di tahun 2023," tambahnya.

Progul Padang Capai 122,51 Persen, Walikota Minta Selesaikan Pekerjaan dengan Cepat

Dengan reakreditasi, Weni menjelaskan hal ini dapat menggambarkan kegiatan di puskesmas, baik di dalam maupun di luar gedung agar berjalan sesuai regulasi dan aturan.

"Alhamdulillah dengan pencapaian ini, sehingga rasa letih dan lelah kami terbayarkan, Puskesmas Andalas merupakan puskesmas percontohan di Kota Padang. Harus berusaha secara maksimal supaya tercapai akreditasi paripurna," tutupnya.