Dari Belajar Daring, Ustadz April Berhasil Kuasai 9 Qiraat Alquran

Ustaz April Hidayat seorang guru yang menguasai 9 Qiraat
Sumber :
  • Humas Ar Risalah

Padang – Menguasai 9 Qiraat Alquran secara daring adalah suatu keniscayaan, hal ini telah dilalui oleh salah seorang guru Ar Risalah Padang, Ustadz April Hidayat. Ia bercerita telah mempelajari ilmu qiraat secara daring dari Syekh Ahmad Syarif Al-Misri asal Mesir. Padahal, di masa lalu, qiraat Alquran diajarkan secara langsung oleh seorang guru di hadapan para murid.

Koper CJH Maksimal 32 Kg, Simak Penjelasan Kemenag Sumbar

“Saya belajar qiraat dengan Syekh Ahmad Syarif Al-Misri secara daring. Beliau adalah murid dari Syekh Misbah Ad Dasuki yang merupakan pemegang sanad tertinggi qiraat saat ini di dunia. Syekh Ahmad Syarif Al-Misri sendiri berjarak 28 generasi dari Rasulullah,” ungkapnya, dikutip dari Humas Ar Risalah hari ini.

Diceritakan Ustadz April, ia memiliki ketertarikan menguasai qiraat ‘asyrah berawal sekitar setahun yang lalu. Berawal hanya ingin memantapkan bacaan qiraat Ashim riwayat Hafs yang banyak dikuasai oleh orang Indonesia.

Pekan Kedua Mei, Jemaah Haji Sumbar Diterbangkan ke Tanah Suci

Sebelumnya, Ia telah belajar qiraat tersebut sejak duduk di bangku taman pendidikan Alquran ketika masih kanak-kanak. Ia juga telah mengantongi ijazah qiraat Ashim riwayat Hafs dari Syekh Sulaiman di Masjid Nabawi (2004) sewaktu masih kuliah di Universitas Islam Madinah.

“Saya ingin memantapkan bacaan qiraat itu dengan Syekh Ahmad Syarif Al-Misri. Namun, karena ada kesempatan, setelah mempelajari qiraat versi tersebut, saya penasaran bagaimana bacaan qiraat versi yang lain. Akhirnya, saya belajar lagi,” terangnya.

Jalan Di Kelok Antu Aia Angek Amblas

https://padang.viva.co.id/ragam-perkara/2179-guru-ar-risalah-padang-kuasai-9-qiraat-al-quran-bersanad-langsung-dari-rasulullah

Proses pembelajarannya didahului dengan mempelajari teori ilmu qiraat secara lebih mendalam. Setelah teori dikuasai dengan baik, ia pun dibimbing secara langsung oleh Syekh Ahmad Syarif Al-Misri.

Halaman Selanjutnya
img_title