Guru Ar Risalah Padang Kuasai 9 Qiraat Al Qur'an Bersanad Langsung dari Rasulullah

Ustaz April Hidayat seorang guru yang menguasai 9 Qiraat
Sumber :
  • Humas Ar Risalah

Padang – Di tengah lautan bacaan Alquran yang melambangkan keragaman iman dan keyakinan, seorang guru dari Ar Risalah Padang muncul, yaitu Ustaz April Hidayat. Beliau dengan tekun berhasil mencapai pencapaian luar biasa, menguasai sembilan qiraat Alquran secara langsung dari Rasulullah, melalui sanad mutawatir, berkat bimbingan dari Syekh Ahmad Syarif Al-Misri asal Mesir.

Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina Tiba di Mesir

"Alhamdulillah. Ini adalah karunia dari Allah. Saya bisa menerima sembilan ijazah qiraat yang mutawatir, yang pernah diajarkan Nabi Muhammad Saw kepada sahabat, lalu diteruskan kepada para tabi’in hingga sampai kepada kita sekarang," ungkap Ustaz April yang juga merupakan hafiz Alquran 30 juz dan alumnus Universitas Islam Madinah.

Di tengah dominasi gaya qiraat Ashim riwayat Hafs di Indonesia, pencapaian Ustaz April sangatlah luar biasa. Dalam ilmu Alquran, terdapat sepuluh qiraat atau versi bacaan Alquran yang mengikuti aliran imam qiraat. Ustaz April berhasil menguasai sembilan di antaranya, yaitu qiraat Nafi’, Ibnu Katsir, Abu Amr, Ashim, Hamzah, Al-Kisa’i, Abu Ja’far, Ya’qub, dan Khalaf Al-Asyir.

Walikota Padang Sebut Generasi Muda Tak Banyak Yang Mengenal Seni Bela Tradisional

Perjalanan Ustaz April dimulai dengan mempelajari teori ilmu qiraat secara daring dari Syekh Ahmad Syarif Al-Misri. Setelah meraih pemahaman teoritis yang kuat, ia diberi bimbingan langsung dalam membaca Alquran. Dalam waktu sembilan bulan yang penuh kesungguhan, ia berhasil menguasai kesembilan qiraat tersebut.

Selain penguasaan yang mendalam atas bacaan Alquran, Ustaz April juga memiliki visi untuk menjaga warisan ilmu ini. Ia ingin mengajarkan ilmu qiraat ini kepada murid-muridnya di Perguruan Islam Ar Risalah dan juga kepada mahasiswa dari berbagai negara. Baginya, pemahaman atas qiraat menjadi pondasi penting dalam pemahaman fiqih dan tafsir Alquran.

Baznas Padang Panjang Berangkatkan 5 Mahasiswa ke Al Azhar Mesir

“Dengan belajar qiraat, saya semakin sadar masih banyak yang harus dipelajari. Apalagi ilmu qiraat merupakan ilmu penunjang dalam fiqih dan tafsir. Jadi, penting juga untuk dikuasai. Agar benar-benar mantap atau mahir, kita perlu belajar lagi selama dua tahun. Saat ini, saya baru mulai. Mudah-mudahan saya bisa lanjut menjadi 10 qiraat,” tambahnya.

Prestasi Ustaz April bukan hanya tentang dirinya sendiri, tetapi juga tentang melindungi kemurnian bacaan Alquran dan memperkaya pemahaman tentang teks suci. Ia tidak hanya mencari pujian pribadi, tetapi juga berusaha menjaga warisan berharga bagi umat muslim.

Halaman Selanjutnya
img_title