Pertanian di Padang Belum Terdampak El Nino, Bila Terjadi Ini Solusinya

Ilustrasi Pertanian
Sumber :
  • Pixabay

Padang – Fenomena El Nino yang menjangkiti Jawa dan wilayah timur Indonesia saat ini, belum berdampak di Kota Padang, terlebih di bidang pertanian. Hal ini disampaikan oleh Dinas Pertanian Kota Padang Yoice Yuliani Rabu kemarin.

Banjir Grobogan: Lebih dari Separuh Wilayah Terendam, Ribuan Warga Mengungsi

“Untuk Kota Padang sendiri, hingga hari ini belum ada dampaknya. Kondisi itu bisa kita lihat dari intensitas hujan yang masih sering terjadi di Kota Padang,” sebutnya.

Dia mengatakan, apabila fenomena El Nino berdampak di Padang, petani dapat mengantisipasi dengan cara pengamatan hama dan penyakit tanaman. Jika terjadi kemarau yang menyebabkan kekeringan, hama atau penyakit tanaman sangat rentan dan cepat berkembang.

Pemerintah Klaim Luas Karhutla Turun Drastis

“Pengelolaan irigasi diharapkan petani dapat lebih selektif lagi, Jika terjadi musim kemarau, tentunya perlu manajemen yang baik dalam pengelolaan air. Khususnya P3A, lebih diatur agar semuanya mendapat bagian,” lanjutnya.

Kemudian Yoice mengusulkan, apabila kelompok tani memiliki pompa air sawah dan memiliki sumber air, maka air bisa disalurkan. Sebab beberapa kelompok tani sudah difasilitasi dengan pompa air.

Pemkab Solsel Bentuk Komite Pengawasan Pupuk Bersubsidi, Jaga Distribusi Tepat Sasaran

Selain itu, dia bilang, di saat kondisi El Nino, pemilihan pupuk yang tepat juga sangat penting untuk dipertimbangkan. 

“Kami menganjurkan petani untuk lebih banyak menggunakan pupuk organik. Pupuk organik ini dapat menyebabkan tanah lebih lembab dibandingkan an-organik,” terangnya.

Halaman Selanjutnya
img_title