Cuaca Panas, Dalam Sepekan Kasus Kebakaran di Padang Meningkat

3 orang personel Damkar Padang Sedang sedang memadamkan Api
Sumber :
  • Diskominfo Padang

Padang – Kasus kebakaran di Kota Padang dalam sepekan mengalami peningkatan, hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang, Budi Payan dalam rilis resmi Senin 4 September 2023.

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

"Suhu udara yang panas cukup berpengaruh terhadap intensitas kebakaran,” terang Budi saat dikonfirmasi dalam rilis tersebut, dikutip Selasa 5 September 2023

Budi bilang, dalam sepekan ini telah terjadi lima kejadian kebakaran di daerah kerjanya. Data terakhir yang diperoleh, kebakaran terjadi di Jalan Alai Barat, Kelurahan Alai Parak Kopi, Kecamatan Padang Utara pada Senin Kemarin. Kejadian tersebut menghanguskan dua unit rumah dengan taksiran kerugian mencapai Rp300 juta.

Banjir Tiga Kecamatan di Musi Rawas Utara Berangsur Surut

“Suhu udara yang panas membuat seluruh konsen atau kayu penahan bangunan yang terbuat dari kayu, rumput, pohon, dan lainnya menjadi sangat kering sehingga mudah terbakar,” ucap Kadis Damkar tersebut.

Untuk mengantisipasi kasus kebakaran, Dia mengimbau kepada warga untuk waspada dan tidak membakar sampah, kebun, dan lainnya. Serta tidak melakukan aktivitas yang dapat memicu terjadinya kebakaran.

Penanganan Darurat Tetap Berlanjut Meskipun Status Gunungapi Ruang Turun menjadi Level III

“Sebaiknya letakkan sampah di tempat pembuangan sampah (TPS) yang telah disediakan DLH, jangan dibakar, Jangan lupa memeriksa instalasi listrik secara berkala” ajaknya.

Dinas Damkar Kota Padang memiliki 42 personil yang selalu standby apabila terjadi bencana. Tidak saja membantu saat terjadi kebakaran, akan tetapi juga membantu ketika terjadi bencana lain.