Sekdako Padang Panjang Ingatkan OPD untuk Berhati-Hati dalam Pendataan Penerima Bansos

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako), Sonny Budaya Putra
Sumber :
  • Diskominfo Padang Panjang

Padang – Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Padang Panjang, Sonny Budaya Putra memberikan peringatan serius kepada organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dengan pendataan dan pengusulan nama penerima bantuan sosial (bansos). Dalam upayanya untuk menjaga akurasi data penerima bansos, ia mengajak semua pihak terlibat untuk berhati-hati.

Sarankan Penyaluran Bansos Melalui RT/RW, Pakar UI Cegah Politisasi Pemilu 2024

"Kroscek dengan baik, pastikan setiap penerima bansos memang layak untuk menerima bantuan. Jangan sampai berbagai program bansos yang dikelola Pemko, terjadi kecenderungan diterima oleh orang yang sama. Hal ini tentu menyebabkan terjadinya ketimpangan bahkan tidak tepat sasaran," tegas Sekdako Sonny.

Peringatan ini disampaikannya setelah mengikuti Rapat Koordinasi Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) Akurasi Data Penerima Bantuan Sosial (Bansos) secara virtual di Ruang VIP Balai Kota pada Selasa kemarin. Rapat ini juga dihadiri oleh berbagai OPD terkait.

KPK Rampungkan Surat Dakwaan eks Kementan Syahrul Yasin Limpo

Sonny bilang, pendataan yang teliti dan akurat adalah kunci keberhasilan program bansos. Ia berpendapat bahwa hanya dengan mengidentifikasi penerima bansos yang benar-benar memenuhi kriteria yang ditetapkan, program ini dapat memberikan manfaat sebesar mungkin kepada mereka yang membutuhkan. 

Dengan kata lain, akurasi data penerima bansos adalah fondasi dari keadilan sosial dan distribusi bantuan yang tepat sasaran.

Penahanan Politikus PKB Reyna Usman oleh KPK Terkait Korupsi: Respons 'Biarkan Saja' dari Cak Imin