Prajurit Kodam Bukit Barisan Malah Ketemu Ladang Ganja Saat Tinjau Lokasi Latihan Perang

Temuan Ladang Ganja
Sumber :
  • Kodam I Bukit Barisan

Padang – Prajurit Kodam I Bukit Barisan, menemukan ladang ganja di lereng pegunungan Tor Sihite, wilayah Desa Sirangkap, Kecamatan Panyabungan Timur, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara. Ladang ganja seluas sekitar 1 hektare itu, ditemukan pada Selasa sore kemarin saat para prajurit itu meninjau lokasi latihan perang.

Pertamina Sumbagut Siagakan Posko Medis Gratis di 6 SPBU Selama Nataru

Kapendam I Bukit Barisan, Kolonel Inf Rico J Siagian menyebut jika lokasi ladang ganja yang ditemukan itu, berada di antara Desa Huta Bangun dengan Desa Sirangkap. Di sana didapati 10 ribu batang ganja yang sudah siap panen, dan 2 ribu batang ganja yang baru saja ditanam. 

"Penemuan tak terduga ini terjadi saat personil gabungan dari Yonif 123/RW, Intel Korem 023/KS, Unit Intel Kodim 0212/TS, Babinsa Koramil 14/Kotanopan, Penrem 023/KS, Hubrem 023/KS, Opsrem 023/KS serta didampingi masyarakat melakukan peninjauan medan untuk latihan UST (Uji Siap Tempur) Kompi Yonif 123/RW,"kata Rico J Siagian melalui siaran persnya, Rabu 13 September 2023.

Banjir Bandang Terjang Mandailing Natal, 86 Santri dan 9 Warga Mengungsi

Rico bilang, kronologi penemuan ladang ganja ini bermula saat personel gabungan yang dipimpin Letkol Budi Suradi bergerak menuju Desa Rao Rao Dolok, Kecamatan Tambangan, Kabupaten Madina dengan menggunakan truk, randis dan tiga unit mobil pribadi.

Dari pukul 10.00 WIB kata Rico, personil gabungan memasuki kawasan lereng pegunungan Tor Sihite untuk meninjau lokasi medan, dan menemukan ladang ganja tersebut sekitar pukul 16.00 WIB di sore hari. 

Operasi SAR Diperpanjang Tiga Hari, Jumlah Korban Masih 10 Orang

"Ladang ganja di lereng pegunungan Tor Sihite seperti ini, sudah berulang kali ditemukan,"ujar Rico J Siagian.

Atas temuan itu lanjut Rico J Siagian, pihaknya melakukan pemusnahan. Lantaran sudah berulang kali ditemukan ladang ganja di wilayah itu, Rico berharap adanya perhatian khusus dari Pemda dan aparat terkait. Sosialisasi tentang bahaya narkoba kepada masyarakat sekitar lereng pegunungan Tor Sihite harus perlu ditingkatkan.