Tim Pemadaman Karhutla Gunung Agung Dihadapkan Dengan Medan Berat

Karhutla Karangasem
Sumber :
  • Humas BNPB

Padang – Dua kejadian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di dua titik berbeda di Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem. Petugas gabungan setempat, hingga Jumat 29 September 2023 masih berupaya memadamkan titik api di wilayah terdampak. 

Dampak Gempa Garut Bertambah, 110 Rumah Rusak dan 8 Orang Luka

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Ph.D menyebut, Pusat Pengendalian Operasi Kabupaten Karangasem melaporkan, karhutla terjadi di kawasan lereng Gunung Agung pada Kamis kemrin. Api pertama kali teridentifikasi pada pukul 08.00 Wita. Peristiwa ini, berada di Dusun Juntal, Desa Kubu, Kecamatan Kubu. 

Informasi tersebut, pertama kali dilaporkan Babinsa Kubu yang menyebutkan adanya asap tebal di bagian lereng gunung. Pihak BPBD setempat merilis, belum diketahui penyebab karhutla itu. 

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

"Kawasan yang terbakar merupakan hutan Lindung di lereng Gunung Agung. Titik api berada jauh dari pemukiman penduduk dan berada di tapal batas lahan penduduk,"kata Abdul Muhari, Jumat 29 September 2023.

Tim gabungan yang berusaha untuk memadamkan api kata Abdul, berasal dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem, dinas pemadam kebakaran, RPH Kubu, Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan masyarakat setempat. 

Banjir Tiga Kecamatan di Musi Rawas Utara Berangsur Surut

"Pemadaman terhambat akses jalan menuju titik api. Selain itu, lokasi kawasan terbakar berada jauh di atas lereng gunung,"ujar Abdul Muhari. 

Sementara itu kata Abdul, kebakaran hutan juga terjadi di wilayah Resort Pengelolaan Hutan atau RPH Daya yang berada pada Unit Pelaksana Teknis Daerah Kesatuan Pengeloaan Hutan Bali Timur. Peristiwa kebakaran terjadi di Dusun Belong, Desa Ban dan Dusun Juntal, Desa Kubu. Kedua desa ini berada di Kecamatan Kubu. 

Halaman Selanjutnya
img_title