Kemenparekraf Gelar Pelatihan Digital untuk Kembangkan Wirausaha Muda NTB

Menparekraf Sandiaga Uno
Sumber :
  • Padang VIVA

Padang – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menggelar pelatihan "Digital Youth Entrepreneurship" untuk memaksimalkan potensi generasi muda Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja dengan menjadi entrepreneur khususnya di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Pemprov Sumbar Perkuat Kerjasama Dengan Kerajaan Arab Saudi

Pelatihan yang diselenggarakan di Mataram, NTB, pada 15 Oktober 2023 ini diikuti oleh 100 peserta dari berbagai latar belakang.Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam kegiatan pelatihan mengatakan, mata dunia saat ini sedang tertuju ke Mandalika, Lombok, NTB, atas penyelenggaraan event sport tourism kelas dunia MotoGP/IndonesianGP 2023.

"Jangan sia-siakan kesempatan ini untuk kalangan muda terutama di NTB, mereka harus bisa mengamplifikasi ini dengan menciptakan konten-konten yang inovatif, adaptif, dan kolaboratif sehingga bisa membantu mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah ini," kata Menparekraf Sandiaga.

Bupati Solok Selatan Usulkan Pariwisata Terintegrasi

Menparekraf juga mengatakan, kekayaan sumber daya alam dan budaya di NTB menjadi potensi yang mestinya dapat digali dengan maksimal oleh wirausaha muda di NTB dengan menghadirkan karya inovatif di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kemenparekraf senantiasa berkomitmen menghadirkan program-program dalam mendukung pengembangan wirausaha pariwisata dan ekonomi kreatif di NTB. Di antaranya dengan memastikan ekosistem digital di NTB agar selalu terbangun dengan baik.

Ajang Pemilihan Uni dan Uda Duta Wisata Kota Padang 2024 Resmi Dimulai

"SDM harus kita tingkatkan. Oleh karena itu Kemenparekraf bekerja sama dengan komunitas seperti Sandination ini akan menciptakan lebih banyak pelatihan-pelatihan, pendampingan sehingga lebih banyak yang onboarding ke ekosistem ekonomi digital," kata Sandiaga.

Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi wirausaha muda NTB untuk mengembangkan usahanya dan memanfaatkan peluang yang ada di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.