Harga Beras Stabil di Padang Panjang, Buncis Naik Tertinggi

Ilustrasi Beras.
Sumber :
  • Diskominfo Padang Panjang

Padang – Seiring dengan distribusi Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah (BP-CBP) Termin II-2023 minggu lalu, pasar beras mencatat kestabilan harga tanpa kenaikan. Di Pasar Pusat Padang Panjang, pada minggu kedua Oktober ini, harga beras kualitas I, II, dan III tetap bertahan seperti pekan sebelumnya.

Survei KedaiKOPI : Mayoritas Masyarakat Puas dengan Rekayasa Lalu Lintas Polri Saat Mudik Lebaran

Menurut Kabag Perekonomian dan Sumberdaya Alam Setdako Padang Panjang, Putra Dewangga, harga beras kualitas I masih berada di level Rp17.188/kg, beras kualitas II Rp16.188/kg, dan beras kualitas III Rp15.375/kg. 

"Harga-harga ini tidak mengalami perubahan dibandingkan dengan minggu sebelumnya," jelas Putra Dewangga. 

Pemkab Solok Selatan Kembali Salurkan Bantuan Beras  

Meskipun demikian, dalam minggu yang sama, terdapat pergerakan harga pada 14 komoditas lainnya. Empat di antaranya mengalami kenaikan harga, disebabkan oleh penurunan pasokan di pasar. Buncis, misalnya, naik Rp3.000 menjadi Rp13.000/kg. Selain itu, seledri naik Rp4.000 menjadi Rp24.000/kg, daging ayam broiler naik Rp500 menjadi Rp25.250/kg, dan minyak goreng kemasan premium juga mengalami kenaikan sebesar Rp500 menjadi Rp20.000/liter.

Sementara itu, sepuluh komoditas lain mengalami penurunan harga karena meningkatnya pasokan di pasar. Cabai merah turun Rp5.000 menjadi Rp40.625/kg, bawang daun turun Rp2.000 menjadi Rp18.000/kg. Selain itu, sembilan komoditas lainnya juga mencatat penurunan harga, termasuk tepung terigu Segitiga Biru, telur ayam ras, cabai hijau, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, ikan kembung, dan udang.

Pemkab Solsel Imbau Warga Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem

Meski fluktuasi harga terjadi pada sejumlah komoditas, harga beras tetap stabil di tengah upaya pemerintah untuk menjaga ketersediaan pangan bagi masyarakat.