Indonesia Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Afghanistan

Kepala BNPB Suharyanto
Sumber :
  • Humas BNPB

Padang – Pemerintah Indonesia kembali menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk membantu negara-negara yang juga terdampak bencana, kali ini bantuan akan dikirimkan ke Afghanistan yang terdampak Gempa beberapa waktu lalu.

Penanganan Darurat Tetap Berlanjut Meskipun Status Gunungapi Ruang Turun menjadi Level III

“Seperti kejadian sebelumnya, Indonesia melalui BNPB dan Kementerian Lembaga selalu memberikan bantuan kepada masyarakat internasional yang terkena bencana,” kata Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto, Rabu 22 November 2023.

Selain itu kata Suharyanto, adanya surat permintaan dari Kementerian Luar Negeri agar memberikan bantuan kepada Afghanistan berupa barang yang dibutuhkan.

Jelang HKBN 2024, Pemko Padang Matangkan Persiapan

“Sudah ada surat dari Kemenlu ke Bapak Presiden agar Indonesia bisa membantu,” ujar Suharyanto.

Suharyanto merinci pihaknya sudah merancang 17 macam barang yang diperlukan untuk masyarakat terdampak bencana. Kondisi di Afganistan saat ini sudah masuk musim dingin sehingga, perelengkapan dalam menghadapi musim dingin juga akan dilengkapi.

Kian Gawat, Status Gunungapi Ruang Naik ke Level Awas

Adapun barang yang akan diberikan kata Suharyanto, berupa Tenda Pengungsi, Tenda Keluarga, Genset, Velbed, Kasur Lipat, Peralatan Kebersihan, Selimut, Jaket Musim Dingin, Pakaian Long Jhon, Perkakas Tukang, Pakaian Dalam, Kantung idur, Penyaringan Portable Air, Lampu Solar, Survival Kit dan Baju Gamis. 

“Barang yang diberikan senilai 22 miliar rupiah. Ini dari pemerintah, tidak menutup kemungkinan akan bertambah dari organisasi lain,” tutup  Suharyanto.