Disidak Andre Rosiade, Pertamina Sebut Ketimpangan Kebutuhan Penyebab Kelangkaan Solar di Sumbar

Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade (Tengah)
Sumber :
  • Padang Viva/Wan

Padang – Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan mengungkap penyebab kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) khususnya jenis solar di Sumatera Barat beberapa hari terakhir. 

PSPS Siap Tempur! Luncurkan Tim dan Jersey Baru Jelang Kick Off Liga 3 Putaran Nasional

Menurut Riva Siahaan, kelangkaan solar di Sumatera Barat bukan disebabkan adanya pengurangan kuota solar bersubsidi. Namun, lantaran adanya ketimpangan kebutuhan di tiap daerah. Hal ini disampaikan Riva saat mendampingi kunjungan anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade di beberapa SPBU, Rabu 22 November 2023.

"Penyebab kelangkaan itu sebenarnya bukan kelangkaan tapi distribusi yang ada di beberapa tempat yang memang lebih banyak konsumsinya dan di tempat lain lebih sedikit. Sekarang sudah kita buat merata,"kata Riva Siahaan, Rabu Selasa 22 November 2023.

Jalan Di Kelok Antu Aia Angek Amblas

Riva memastikan jika persoalan kelangkaan solar di Sumatera Barat tidak akan terjadi lagi dengan cara pemerataan distribusi dan pengawasan yang ketat di tiap-tiap SPBU.

Dijelaskannya, secara nasional kuota solar bersubsidi untuk tahun 2023 memang terjadi penurunan dibandingkan tahun lalu. Penurunan itu didasari adanya asumsi penurunan jumlah kendaraan dan konsumsi secara nasional. Untuk mencegah terjadinya kelangkaan, tahun depan kata dia menaikkan kuota solar nasional menjadi 18,9 juga kilo liter.

PLN Sumbar Dukung Percepatan Green Port: Kolaborasi Menuju Langit Biru Sumatera Barat

"Ini juga merupakan komitmen yang akan kami lakukan terus menerus enggak cuma hari ini aja supaya hingga akhir tahun dan 2024, saat nanti ada volume atau kebijakan baru kita tetap mengawal sehingga masyarakat yang membutuhkan dan menjadi target bbm subsidi ini dapat menikmati bbm subsidi," ujar Riva.

Tambah Pasokan Solar

Halaman Selanjutnya
img_title