Jokowi: Tingkat Stres Guru Indonesia Lebih Tinggi dari Profesi Lain

Presiden Joko Widodo Buka KTT AIS Forum 2023 di Bali.
Sumber :
  • Media Center AIS Forum 2023

Padang – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut bahwa tingkat stres guru di Indonesia lebih tinggi dibandingkan profesi lainnya. Hal ini berdasarkan hasil riset lembaga internasional RAND Corporation tahun 2022.

Program LDSP Kemenkominfo Tingkatkan Literasi Digital 80.000 ASN Kemendikbudristek

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut bahwa tingkat stres guru di Indonesia lebih tinggi dibandingkan profesi lainnya. Hal ini berdasarkan hasil riset lembaga internasional RAND Corporation tahun 2022.

Jokowi menyampaikan hal tersebut dalam acara Peringatan HUT ke-78 PGRI dan Hari Guru Nasional di Jakarta, pada Sabtu, 25 November 2023.

Kemendikbudristek Luncurkan Modul Pelatihan Berjenjang Pendidikan Inklusif 

"Menurut sebuah lembaga riset internasional yang saya baca, RAND Corporation tahun 2022, bahwa tingkat stres guru itu lebih tinggi dibandingkan pekerjaan yang lain," kata Jokowi.

Jokowi menyebut tiga faktor yang menyebabkan tingkat stres guru di Indonesia lebih tinggi, yaitu perilaku siswa, perubahan kurikulum, dan perkembangan teknologi.

Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2024 di Padang Panjang Tuntas

"Perilaku siswa yang kurang disiplin, kurikulum yang terus berubah, dan perkembangan teknologi yang begitu cepat," kata Jokowi.

Jokowi meminta semua guru untuk menyikapi berbagai tantangan tersebut dengan cepat beradaptasi, terutama untuk mengikuti perubahan teknologi.

Halaman Selanjutnya
img_title