BNPB Siapkan Langkah Antisipasi Bencana Jelang Nataru

Kepala BNPB (tengah)
Sumber :
  • Humas BNPB

Padang – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyiapkan langkah antisipasi bencana menjelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

Langkah ini dilakukan untuk mengurangi dampak kejadian bencana, terutama bencana hidrometeorologi basah yang diprediksi akan terjadi hingga Februari 2024.

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengatakan, pihaknya telah mengimbau kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tingkat provinsi dan kabupaten/kota untuk menetapkan status siaga darurat.

Banjir Tiga Kecamatan di Musi Rawas Utara Berangsur Surut

Hal ini dilakukan agar pemda dapat siap siaga sebelum terjadi bencana dan agar pemerintah pusat dapat memberikan bantuan sumber daya ke daerah.

Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2023 tentang Imbauan Dalam Rangka Antisipasi Kejadian Bencana Pada Masa Libur Natal 2023 dan Tahun Baru Tahun 2024 ditujukan untuk wilayah yang dilalui jalur mudik dengan wilayah tingkat kerawanan bencana seperti Provinsi Lampung, Bali, dan provinsi-provinsi yang ada di Pulau Jawa.

51.812 Jiwa Terdampak Banjir Bandang Musi Rawas Utara

Dalam rangka siaga darurat bencanal libur natal dan tahun baru, daerah diimbau untuk membuat pos komando, mempersiapkan rencana operasi, dan menggelar peralatan.

Selain itu, BNPB juga merilis Peta Jalur Mudik Rawan Bencana yang dapat digunakan oleh masyarakat yang akan melakukan perjalanan untuk mengetahui tingkat kerawanan bencana pada wilayah yang dilalui. BNPB juga akan menerjunkan tim untuk melakukan pendampingan di daerah.

Halaman Selanjutnya
img_title