Gunung Marapi Erupsi Lagi, Kolom Abu 1.500 Meter

Ilustrasi Erupsi Marapi
Sumber :
  • Padang Viva/Andri Mardiansyah

Padang – Gunung Marapi, Sumatera Barat kembali meletus pada Rabu, 27 Desember 2023 pukul 12.05 WIB. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 15.5 mm dan durasi ± 1 menit 26 detik.

Jalan Tol Padang-Pekanbaru Seksi Padang-Sicincin Ditargetkan Tuntas Juli 2024

Petugas Pos Pemantau Gunung Api (PGA) Marapi, Teguh Purnomo mengatakan, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat daya dan barat. Berdasarkan laporan yang masuk, wilayah Padang Panjang terpapar abu vulkanik.

"Erupsi masih berlangsung saat laporan sedang dibuat," kata Teguh Purnomo, Rabu 27 Desember 2023.

Pengakuan Status Hutan Adat di Pasaman Barat Segera Diajukan

Untuk menghindari gangguan pernapasan dan kesehatan lainnya yang disebabkan oleh abu vulkanik, masyarakat yang berada di sekitar Marapi diimbau untuk menggunakan masker pelindung mulut dan hidung serta perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit. Selain itu, jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau untuk mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang tebal.

Meski demikian, Gunung Marapi masih berada pada Status Level II (Waspada). Masyarakat di sekitar Marapi dan pengunjung wisatawan atau pendaki tidak diperbolehkan memasuki dan melakukan kegiatan di dalam wilayah radius 3 kilometer dari pusat aktivitas (Kawah Verbeek) Marapi.

Bawa Ganja Ratusan Kilo, Oknum Polisi Padang Panjang Ditangkap 

Masyarakat yang bermukim di sekitar lembah, aliran atau bantaran sungai-sungai yang berhulu di puncak Marapi, diimbau untuk selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar yang dapat terjadi terutama di saat musim hujan.

Masyarakat di sekitar gunung Marapi dan seluruh pihak juga diimbau untuk menjaga kondusivitas suasana di masyarakat dan tidak menyebarkan narasi bohong serta, tidak terpancing isu-isu yang tidak jelas sumbernya.

Halaman Selanjutnya
img_title