TNI Tegaskan Netralitas Pada Pemilu 2024

Prajurit TNI Angkatan Darat ketika gelar Apel Pasukan di Monas
Sumber :
  • Dispenad

Padang – Kepala Pusat Penerangan Tentara Nasional Indonesia (Kapuspen TNI) Mayjen TNI R. Nugraha Gumelar menegaskan bahwa TNI akan tetap menjaga netralitas pada Pemilu 2024 mendatang.

Masyarakat Sumbar Dari Kacamata Anies Baswedan

Hal ini disampaikan Kapuspen TNI untuk menepis anggapan segelintir orang yang akhir-akhir ini terkesan menyudutkan TNI dengan mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden tertentu.

Kapuspen TNI menjelaskan bahwa TNI telah berkomitmen untuk menjalankan amanat undang-undang agar tidak berpolitik atau ikut-ikutan dalam dukung-mendukung pasangan calon tertentu dalam pesta demokrasi Pemilu 2024.

Dugaan Kecurangan Pemilu: Agus Rahardjo Laporkan ke Bawaslu RI

TNI juga telah meluncurkan Posko Pengaduan Netralitas TNI untuk menindaklanjuti laporan pelanggaran netralitas yang dilakukan oleh anggota TNI.

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto juga telah memerintahkan jajarannya untuk menahan diri agar tidak terprovokasi dan mudah diadu domba oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Panglima TNI juga memerintahkan anggota TNI untuk selalu berbuat baik dan membantu kesulitan rakyat.

Kota Padang Siaga 1 Banjir, Evakuasi Warga Terus Dilakukan

Selain itu, TNI mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk melaksanakan Pemilu 2024 dengan aman dan damai. TNI juga meminta masyarakat untuk saling menghormati dan menghargai antar elemen bangsa.