Waspada Gelombang Tinggi di Perairan Sumatera Barat dan Bengkulu

Ilustrasi Pasang Air Laut. Sumber Foto/Pixabay
Sumber :

Padang – Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Maritim Teluk Bayur memprakirakan gelombang laut dengan ketinggian hingga 1,8 meter berpotensi terjadi pada Rabu 24 Jnauari 2024 di wilayah perairan utara Pulau Siberut dan Bengkulu.

Pariwisata Sumbar Berkembang Pesat, Desa Wisata Jadi Motor Penggerak

Berdasarkan informasi dari BMKG, kondisi cuaca di wilayah perairan Sumatera Barat dan Bengkulu, diprakirakan cerah berawan disertai potensi hujan berintensitas ringan-sedang. Kondisi angin secara umum diperkirakan bertiup dari arah Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan berkisar 01 hingga 13 knot.

BMKG Maritim Teluk Bayur merinci, prakiraan kondisi gelombang laut di wilayah perairan Sumatera Barat dan Bengkulu pada hari ini terjadi di perairan pesisir Sumatera Barat hingga timur Kepulauan Mentawai dengan kondisi ketinggian gelombang laut berkisar antara 0,10 dampai 0,60 meter.

Gubernur Sumbar Tekankan Kolaborasi untuk Percepatan Pembangunan Sawahlunto

Lalu, perairan utara Pulau Siberut, gelombang laut dengan ketinggian 0,20 hingga 1,80 meter, perairan barat Kepulauan Mentawai hingga perairan Samudera Hindia barat Kepulauan Mentawai, Gelombang laut diprediksi memiliki ketinggian 1,00 sampai 2,00 meter.

Sedangkan untuk perairan Bengkulu hingga perairan timur Pulau Enggano, Gelombang laut dengan ketinggian 0,50 hingga 1,80 meter, serta perairan Bengkulu hingga perairan Samudera Hindia barat Bengkulu, Gelombang laut dengan ketinggian 0,80 hingga  2,10 meter.

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

BMKG mengimbau kepada seluruh pengguna jasa transportasi laut, terutama nelayan, untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi tersebut.

Untuk perahu nelayan, waspadai ketinggian gelombang lebih dari 1,25 meter. Untuk kapal tongkang, waspadai ketinggian gelombang lebih dari 1,50 meter. Untuk kapal ferry, waspadai ketinggian gelombang lebih dari 2,50 meter.

Halaman Selanjutnya
img_title