Unand Liburkan Perkuliahan Agar Mahasiswa Bisa Ikut Pemilu 2024

Ilustrasi surat suara di pemilu
Sumber :
  • vstory

Padang – Universitas Andalas (Unand), Padang, Sumatera Barat menerbitkan Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2024 tentang Perubahan Jadwal Perkuliahan Semester Genap Tahun 2024. 

Gubernur Sumbar Tekankan Kolaborasi untuk Percepatan Pembangunan Sawahlunto

Dalam edaran tersebut, otoritas Unand mengubah jadwal perkuliahan dari semula dimulai pada 12 Februari 2024 menjadi 19 Februari 2024. Perubahan ini dilakukan agar seluruh mahasiswa dapat mengikuti rangkaian Pemilu serentak pada tanggal 14 Februari 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat menilai, keputusan ini sebagai langkah positif untuk meningkatkan partisipasi pemilih, khususnya pemilih pemula yang sebagian besar merupakan mahasiswa.

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

"Kami sangat mengapresiasi langkah dan kebijakan positif yang dikeluarkan oleh pihak Universitas Andalas," kata Jons Manedi, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan SDM KPU Sumatera Barat, Rabu 24 Januari 2024.

Jons bilang bahwa pemilu serentak 2024 merupakan momentum penting untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Oleh karena itu, KPU berharap agar kampus-kampus lain di Sumatera Barat juga mengikuti langkah Universitas Andalas.

PDI Perjuangan Sumatera Barat Menang Atas Gugatan Leo Murphy

"Kami menunggu langkah-langkah nyata kampus-kampus lain yang ada di Sumatera Barat untuk bisa membuat kebijakan serupa," ujar Jons.

Selain itu, Jons juga berharap agar mahasiswa Unand dapat berperan aktif dalam pemilu serentak 2024. Mahasiswa dapat menjadi penyelenggara pemilu di tingkat TPS atau menjadi pemantau pemilu.