BNPB Sudah Serahkan Bantuan Logistik dan Dana Operasional Banjir di Jambi

Banjir Provinsi Jambi
Sumber :
  • Humas BNPB

Padang – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah menyerahkan bantuan logistik dan dana operasional untuk wilayah terdampak banjir di Provinsi Jambi.

Walinagari Tak Kunjung Dilantik, Warga Protes ke Camat Koto XI Tarusan

Penyerahan bantuan yang dilakukan pada Kamis kemarin, dilakukan oleh Deputi Bidang Penanganan Darurat, Fajar Setiawan kepada Kepala Daerah Kabupaten dan kota di wilayah Provinsi Jambi.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menyebut total bantuan yang diberikan BNPB kali ini berupa, dana operasional sebesar Rp250 juta kepada masing-masing kabupaten dan kota terdampak.

Banjir Tiga Kecamatan di Musi Rawas Utara Berangsur Surut

Lalu, ada tenda pengungsi, ratusan lembar selimut, paket hygiene kit, paket sembako, paket makanan siap saji dan ratusan botol sabun cair.

"Bantuan tersebut diberikan untuk membantu penanganan banjir di Provinsi Jambi yang telah berlangsung sejak awal Januari 2024. Intensitas hujan yang tinggi menyebabkan 10 kabupaten dan kota di Provinsi Jambi terdampak banjir,"kata Abdul Muhari, Jumat 26 Januari 2024.

51.812 Jiwa Terdampak Banjir Bandang Musi Rawas Utara

Ia merinci, daftar kabupaten kota terdampak banjir di Provinsi Jambi antara lain, Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Batanghari, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kabupaten Merangin, Kabupaten Kerinci dan Kabupaten Bungo.

"Akibat banjir, sebanyak 226.033 warga terdampak, 22.971 unit rumah warga, 342 fasilitas pendidikan, 65 fasilitas kesehatan, 59 rumah ibadah, dan 2.859 lahan pertanian terendam,"tutup Abdul.