Pemprov Sumbar Serahkan Bantuan Beras CPP Puluhan Ton Bagi Korban Banjir dan Longsor di Dharmasraya

Ilustrasi Beras. Foto by AndriMardiansyah
Sumber :

Padang – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyerahkan bantuan beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) sebanyak 28.980 kilogram kepada Pemerintah Kabupaten Dharmasraya.

Pariwisata Sumbar Berkembang Pesat, Desa Wisata Jadi Motor Penggerak

Penyaluran bantuan CPP yang diserahkan Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi pada Minggu kemarin, akan diperuntukkan bagi warga Dharmasraya yang terdampak musibah banjir dan tanah longsor beberapa waktu lalu.

Mahyeldi menyebut, bantuan beras CPP diberikan kepada warga Dharmasraya berdasarkan permintaan dan pendataan yang dilakukan oleh Pemkab Dharmasraya hingga jajaran di tingkat nagari. 

Gubernur Sumbar Tekankan Kolaborasi untuk Percepatan Pembangunan Sawahlunto

Sebagaimana ketentuan yang berlaku kata Mahyeldi, beras CPP baru dapat dikeluarkan saat telah diajukan permintaan oleh pemerintah daerah, dikarenakan kejadian bencana yang berdampak langsung pada masyarakat.

"Berdasarkan informasi dan fakta di lapangan, musibah banjir akhir bulan kemarin di Dharmasraya termasuk kejadian banjir terbesar, yang bahkan menyebabkan sekitar sembilan ribu unit rumah terdampak di beberapa nagari dan kecamatan," kata Mahyeldi, melalui siaran persnya, Senin 29 Januari 2024.

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

Mahyeldi bilang, bantuan beras CPP ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir. Ia juga mengimbau masyarakat untuk senantiasa mendukung kelancaran pekerjaan normalisasi Batang Siat dan Batang Nabuan, untuk menekan potensi banjir ke depannya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Dharmasraya, Adlisman, melaporkan bahwa kondisi bencana banjir beberapa waktu lalu memang melanda sebagian besar wilayah Dharmasraya. Total terdapat 11 titik banjir, yang salah satunya berada di Nagari Abai Siat, Kecamatan Koto Besar.

Halaman Selanjutnya
img_title