Massa Apdesi Rusak Pagar dan Tembok DPR dengan Palu Besar, Arus Lalu Lintas Tersendat

Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi)
Sumber :
  • AVIVA.co.id/Andrew Tito

PadangRatusan massa dari Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) melakukan unjuk rasa di depan gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Rabu (31/1/2024). Aksi tersebut berlangsung ricuh dan menyebabkan kerusakan pada pagar dan tembok gedung DPR.

Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2024 di Padang Panjang Tuntas

Massa yang datang dari berbagai daerah itu menuntut pemerintah untuk mengakomodir aspirasi mereka, salah satunya terkait dana desa. Mereka juga meminta agar pemerintah mencabut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua atas PP Nomor 43 Tahun 2014 tentang Dana Desa.

Dalam aksinya, massa merusak pagar dan tembok gedung DPR dengan palu besar. Keramik pada tembok pagar DPR terlihat rusak hingga bolong akibat dipukul palu. Perwakilan massa tersebut terlihat senang saat berhasil hancurkan tembok DPR.

Menteri Koordinator Mahfud Tegaskan Komitmen untuk Tangkap Harun Masiku Jika Keberadaannya Diketahui

Aksi massa tersebut juga menyebabkan arus lalu lintas di Jalan Gatot Subroto arah Slipi tersendat. Polisi pun menutup akses jalan tersebut untuk menghindari kemacetan yang semakin parah.

Hingga berita ini diturunkan, aksi massa Apdesi masih berlangsung. Polisi masih melakukan negosiasi dengan massa untuk membubarkan aksi tersebut.

Polisi Buru Pelaku Perusakan Pagar DPR saat Demo APDESI