Kemenag Segera Buka Seleksi Tenaga Pendukung PPIH Arab Saudi 2024

Petugas PPIH Arab Saudi
Sumber :
  • MCH 2023 | Lutfi Dwi Pujiastuti

Padang – Kementerian Agama (Kemenag) akan membuka pendaftaran untuk 1.000 tenaga pendukung Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1445 H/2024 M. Pendaftaran dibuka mulai awal Februari 2024 untuk para mahasiswa Indonesia di Timur Tengah dan WNI di Arab Saudi. Seleksi ini bertujuan untuk mendapatkan petugas yang profesional dan berkompeten dalam melayani jemaah haji.

Kemenag Sebut Kuota Haji 2024 Terbesar Sepanjang Sejarah

Pendaftaran online dilakukan melalui Pusaka Superapps di menu ‘Pendaftaran Petugas Haji’ mulai awal Februari 2024. Tes akan diselenggarakan pada 20 Februari 2024 menggunakan sistem CAT (Computer Assested Test) dan wawancara pendalaman bidang tugas.

Seleksi ini bertujuan untuk mendapatkan petugas yang profesional, berkompeten, dan memiliki integritas tinggi dalam melayani jemaah haji. Para pelamar harus memenuhi kualifikasi seperti memiliki pengetahuan tentang haji, mampu berkomunikasi dengan baik, dan memiliki fisik yang sehat.

Pelunasan Biaya Haji Dimulai: Lebih dari 100 Ribu Jemaah Penuhi Syarat Kesehatan, 22.927 Lunasi Bipi

Kemenag bekerja sama dengan KBRI dan PPMI di negara-negara Timur Tengah untuk memastikan proses rekrutmen berjalan dengan baik. KBRI akan membantu dalam menyebarkan informasi dan memfasilitasi proses tes, sedangkan PPMI akan membantu dalam menjaring para mahasiswa yang berminat menjadi tenaga pendukung PPIH.

Perwakilan KBRI mengusulkan agar kuota tenaga pendukung dari unsur mahasiswa ditambah. Hal ini dikarenakan jumlah mahasiswa Indonesia di negara-negara Timur Tengah semakin banyak.

Rekrutmen Petugas Haji 2024 di Sumbar Dibuka