Punya Segudang Pengalaman Jadi Alasan Presiden Tunjuk Tito Karnavian Jadi Plt Menkopolhukam

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • Humas BNPB

PadangPresiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, alasannya menunjuk Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian sebagai Plt Menkopolhukam karena Tito mempunyai segudang pengalaman. Hal itu disampaikan Presiden usai bersilaturahmi dengan Nasabah Program Membina Ekonomi Keluarga Sejah Tera, di Gedung Bale Rame, Kabupaten Bandung, Sabtu (3/2/2024). 

Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina Tiba di Mesir

"Ya Pak Tito karena sudah punya pengalaman dulu di BNPT, dulu di Kapolri, sekarang di Mendagri. Saya kira untuk megang Menkopolhukam juga nggak, tidak ada, saya kira nggak ada masalah," kata Presiden.

Saat ini, Presiden menyebut, belum menetapkan Menkopolhukam definitif. "Ya nanti dilihat lah, yang penting organisasi berjalan dengan baik, secepatnya (akan dipilih)" ujarnya. 

Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2024 di Padang Panjang Tuntas

Kepala negara memberikan kisi-kisi siapa calon Menkopolhukam. "Dari non (bukan dari partai politik," katanya. 

Sebelumnya, Presiden menunjuk Mendagri Tito Karnavian, sebagai Plt Menkopolhukam. Seperti diketahui, jabatan tersebut kosong setelah Mahfud MD mundur dari jabatannya.

Jokowi Bahas Program Makan Siang Gratis Langkah, Antisipatif Menuju Implementasi Program Unggulan

Keputusan tersebut tercantum dalam Keputusan Presiden (Keppres) No 20/P Tahun 2024 tertanggal Jumat (2/2/2024). Yaitu tentang pemberhentian dengan hormat Mahfud MD dan pengangkatan Tito sebagai Plt Menkopolhukam.

"Presiden telah menandatangani Keppres yang berisi pemberhentian dengan hormat bapak Mahfud MD. Lalu pengangkatan bapak Tito Karnavian sebagai Plt, wewenang, dan tanggungjawab Menkopolhukam sampai dengan adanya Menkopolhukam definitif," kata Koordinator Staf Khusus Presiden RI, Ari Dwipayana saat dikonfirmasi di Gedung Setneg, Jakarta.