Banjir Tegal: Sebagian Besar Warga Kembali ke Rumah, Waspada Potensi Banjir Susulan

Banjir Kabupaten Tegal
Sumber :
  • Humas BNPB

Padang – Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menyebut jika banjir yang melanda beberapa wilayah di Kabupaten Tegal pada Minggu petang kemarin kini, telah surut. Sebagian besar warga yang sebelumnya mengungsi pun, juga sudah kembali ke rumah masing-masing.

Banjir Tiga Kecamatan di Musi Rawas Utara Berangsur Surut

"Banjir ini terjadi setelah hujan lebat dan berdurasi lama mengguyur wilayah Tegal. Lebih dari 1.400 orang sempat mengungsi akibat banjir yang mencapai ketinggian 70 centimeter. Banjir merendam rumah warga dan akses jalan Tegal-Purwokerto, kini sudah surut,"kata Abdul Muhari, Senin 5 Februari 2024.

Ia bilang bahwa, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal telah berkoordinasi dengan aparat desa dan kecamatan setempat untuk membantu warga yang terdampak banjir. Pemerintah desa juga mengaktifkan dapur umum untuk menyediakan makanan bagi para pengungsi.

51.812 Jiwa Terdampak Banjir Bandang Musi Rawas Utara

Meskipun banjir telah surut kata Abdul, namun di wilayah Kabupaten Tegal masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga hujan petir hingga Selasa esok.

"BNPB mengimbau warga dan pemerintah daerah untuk waspada dan siap siaga terhadap potensi bahaya banjir susulan,"tutup Abdul.

Penanganan Darurat Tetap Berlanjut Meskipun Status Gunungapi Ruang Turun menjadi Level III