BPBD Padang Panjang Dirikan Posko Siaga Erupsi Marapi di Tiga Lokasi

Erupsi Marapi
Sumber :
  • Padang Viva/Andri Mardiansyah

Padang – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kesbangpol Kota Padang Panjang, mendirikan posko siaga erupsi Gunung Marapi di tiga lokasi sebagai upaya kesiapsiagaan dan tanggap bencana.

Update Gempa Garut: 267 Bangunan Rumah Dilaporkan Rusak

Menurut Kepala BPBD Kesbangpol, I Putu Venda, dengan adanya posko ini, masyarakat bisa merasa tenang dan aman melakukan aktivitas sehari-hari. Serta masyarakat, bisa mendapatkan informasi tentang situasi dan kondisi terkini dari Gunung Marapi.

"Ketiga posko itu berada di Kantor BPBD untuk posko utama, posko siaga 1 ada di Lapangan Ganting dan posko siaga 2 di Depan Senja Kenangan.

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

Kita juga berharap masyarakat selalu siap siaga dalam menghadapi bencana erupsi Marapi,"kata I Putu Venda, Rabu 7 Februari 2024.

Selain posko kata I Putu Venda, pihaknya juga menyiagakan 65 personel gabungan dari TNI, Polri, BPBD, Dinsos PPKBPPPA (Tagana), PMI, Satpol PP Damkar, dan Kelompok Siaga Bencana (KSB) untuk memantau kondisi Gunung Marapi dan membantu masyarakat terdampak erupsi.

51.812 Jiwa Terdampak Banjir Bandang Musi Rawas Utara

Petugas itu kata I Putu Venda, akan melakukan beberapa fungsi penting, di antaranya pemantauan visual kondisi Gunung Marapi, pembuatan laporan kondisi dan situasi gunung, dan mengedukasi masyarakat tentang dampak erupsi.