Program 1 Keluarga Miskin 1 Sarjana Ganjar-Mahfud Jadi Impian Banyak Orang Indonesia

Capres Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Dok Istimewa

PadangCalon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo telah meluncurkan program 1 Keluarga Miskin 1 Sarjana. Program itu disebut untuk memutus rantai kemiskinan melalui pendidikan, serta menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul. Program ini memberi harapan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat pada masa mendatang. 

Pemprov Sumbar Perkuat Kerjasama Dengan Kerajaan Arab Saudi

Ganjar bercerita bahwa dirinya bukan berasal dari keluarga kaya. Sepanjang hidup, Ganjar menyaksikan orangtuanya bersusah payah mencari uang demi membiayai pendidikan anak-anak mereka. Demi menambah penghasilan, orangtua Ganjar sempat berjualan BBM eceran.

"Berangkat dari pengalaman saya pribadi, ketika ingin kuliah dan orangtua tidak ada biaya, dan bagaimana orangtua saya berusaha mencari biaya pendidikan untuk anak-anaknya demi masa depan yang lebih baik," kata Ganjar, Kamis 8 Februari 2024.

Sah Menang, Prabowo Subianto Sampaikan Terima Kasih Untuk Rakyat Indonesia

Cerita Ganjar, orangtuanya dulu pernah terlilit hutang pada rentenir karena meminjam uang untuk membiayai kuliah anak-anaknya. 

"Orangtua saya juga pernah jual bensin eceran untuk biayain kuliah anak-anaknya dan untuk bertahan hidup, dan kami ikut membantu," ungkap Ganjar.

BNPB Jalankan Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca di Jawa Tengah

Ganjar muda pernah cuti kuliah selama 2 semester karena tak ada biaya. Dirinya pun lalu bekerja mengumpulkan uang untuk bisa melanjutkan kuliah. Latar belakang inilah yang mendorong Ganjar dan Mahfud sepakat meluncurkan program 1 Keluarga Miskin 1 Sarjana.

Ganjar-Mahfud yakin program ini menjadi salah satu cara agar keluarga miskin dapat mengubah nasib, bahkan lepas dari jerat kemiskinan.

Halaman Selanjutnya
img_title