Presiden Resmikan Ipres Jalan Daerah Sulawesi Utara

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • pssi.org

Padang – Inpres Jalan Daerah (IJD) 2023 Sulawesi Utara sepanjang 59 km dengan anggaran Rp183 miliar rampung. Peresmian dilakukan oleh Presiden Jokowi di ruas Pinogaluman-Dumoga di Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, tak jauh dari lokasi Bendungan Lolak, Jumat 23 Februari 2024.

Bupati Solok Selatan Dorong Realisasi Program CSR dan Zakat Karyawan untuk Pembangunan Daerah

"Pada 2024 akan diberikan lagi anggaran agar semua jalan di Sulawesi Utara semakin bagus," kata Presiden.

Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah II Budiamin mengatakan, pelaksanaan IJD di Sulut sepanjang 59,4 km tersebar di empat kabupaten. Pertama di Kabupaten Bolmong sebanyak 4 ruas sepanjang 18,6 km dengan anggaran Rp90,6 miliar.

Kerja Sama Hebat: Pembangunan Jalan Talao-Mercu di Solok Selatan Berhasil Tuntas

Selanjutnya di Kabupaten Minahasa sebanyak 2 ruas dengan panjang 5,5 km dengan anggaran Rp28 miliar. "Terdapat juga di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) sebanyak 2 ruas sepanjang 32 km dengan anggaran Rp44,5 miliar," ucap Presiden.

Terakhir, di Kabupaten Minahasa Selatan sebanyak 1 ruas (3,4 km) dengan alokasi Rp20,6 miliar. Tujuan IJD di Sulut untuk peningkatan konektivitas serta meningkatkan kemantapan jalan daerah,  memperlancar arus logistik, serta akses wisata.

Pemkab Solsel Susun Rencana Penanggulangan Bencana

Kadaria Papupungan, warga Kecamatan Lolak Kabupaten Bolmong mengucapkan terima kasih banyak atas program IJD di daerahnya. "Sebelum diperbaiki, warga di sini sangat kesulitan untuk ke mana-mana, terutama kalau ada yang sakit dan perlu berobat," ucapnya.

Pelaksanaan IJD mengacu pada Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah. Pada TA 2023, Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran sebesar Rp14,6T, secara nasional untuk penanganan 2.873 km jalan daerah di Indonesia.