Menteri BUMN Tinjau Pembangunan TOL di Sumatera Barat

Menteri Erick Thohir
Sumber :
  • Padang Viva / Andri Mardiansyah

Padang – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir meninjau pelaksaan keberlanjutan pembangunan jalan Tax On Location alias TOL ruas Padang - Sicincin di Kabupaten Padang Pariaman, Rabu siang 6 Maret 2024.

Pariwisata Sumbar Berkembang Pesat, Desa Wisata Jadi Motor Penggerak

Ruas jalan TOL Padang - Sicincin, diketahui merupakan bagian dari jalan TOL yang menghubungkan Provinsi Sumatera Barat dengan Riau. Pembangunan ini, sebelumnya sempat mangkrak akibat terkendala persoalan pembebasan lahan.

Ia bilang, jalan Tol Padang-Pekanbaru Seksi Sicincin yang memiliki panjang lintasan 36,15 kilometer, merupakan bagian dari program strategis nasional (PSN) yang diharapkan terus berjalan meski persoalan pembebasan lahan belum tuntas sepenuhnya.

Gubernur Sumbar Tekankan Kolaborasi untuk Percepatan Pembangunan Sawahlunto

"Keberadaan TOL akan sangat membantu proses percepatan pertumbuhan ekonomi di daerah. Termasuk salah satunya di Sumatera Barat yang kini masih di bawah rata-rata. Kita mendorong Hutama Karya sebagai pihak pengembang untuk mengakselerasi pembangunan untuk terus melanjutkan pembangunan meski pembebasan lahan belum sepenuhnya rampung,"kata Erick Thohir, Rabu 6 Maret 2024.  

Dijelaskan Erick, proses pengerjaan TOL Padang - Pekanbaru ini sudah dimulai sejak 2018 lalu. Namun terhenti pada 2021 akibat persoalan lahan yang belum tuntas. 

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

Anggota Komisi VI Andre Rosiade yang saat itu gigih memperjuangkan agar pembangunan ini tetap berlanjut rapat bersama kita di Kementerian untuk mencari solusi agar pengerjaan tetap berlanjut.

Terpisah, Andre Rosiade menyebut bahwa pengerjaan jalan TOL ini sempat mangkrak. Namun usai melakukan koordinasi dan menjalin komunikasi dengan Pemerintah pusat melalui Kementerian BUMN, jalan TOL ini kembali dikerjakan.

Halaman Selanjutnya
img_title