Tengah Malam Gunung Marapi Meletus Lagi Status Masih Siaga

Letusan Gunung Marapi
Sumber :
  • Padang Viva/Marapi Information

Padang – Gunung Marapi, Sumatera Barat kembali meletus. Dari foto dan video hasil tangkapan ponsel warga dan CCTV, nampak jelas pijaran api disertai dengan bunyi dentuman yang cukup keras.

Naik Level Awas, Warga Dilarang Dekati Radius 6 Kilometer Dari Puncak Gunung Ruang

Rilis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pengamat Gunung Marapi, letusan kali ini terjadi pada Rabu 27 Maret 2024 pukul 00.13 WIB dengan tinggi kolom abu teramati mencapai sekitar 1.500 meter di atas puncak.

Masih merujuk rilis PVMBG, kolom abu pada letusan ini teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal yang condong ke arah barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 38.7 milimeter dan durasi sementara sekitar 1 menit 45 detik.

Kian Gawat, Status Gunungapi Ruang Naik ke Level Awas

Meski demikian, status Gunung Marapi sampai hari ini masih berada pada Status Level III (Siaga) dengan rekomendasi diantaranya, masyarakat di sekitar Gunung Marapi dan pendaki atau pengunjung agar tidak memasuki dan tidak melakukan kegiatan di dalam wilayah radius 4.5 kilometer dari pusat erupsi (Kawah Verbeek) Marapi.

Lalu, masyarakat yang bermukim di sekitar lembah, aliran, bantaran sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Marapi agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar yang dapat terjadi terutama di saat musim hujan.

Gunung Api Ruang Meletus Dahsyat

Jika terjadi hujan abu maka masyarakat diimbau untuk menggunakan masker penutup hidung dan mulut untuk menghindari gangguan saluran pernapasan (ISPA), serta perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit. Selain itu agar mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang tebal agar tidak roboh.