Pagi ini Gunung Marapi Erupsi Lagi 

Erupsi Marapi
Sumber :
  • Padang Viva

Padang – Gunung Marapi, Sumatera Barat kembali erupsi, Rabu 3 April 2024. Berdasarkan catatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pengamat Gunung Marapi, erupsi ini terjadi pada pukul 09.30 WIB dengan tinggi kolom abu sekitar 1.500 meter diatas puncak.

Gubernur Sumbar Tekankan Kolaborasi untuk Percepatan Pembangunan Sawahlunto

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat laut. Erupsi ini, terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30.4 milimeter dan durasi sekitar 46 detik,"kata Kepala Pos Pengamat Gunung Marapi, Ahmad Rifandi melalui keterangan resminya, Rabu 3 April 2024.

Ahmad Rifandi menyebut, berdasarkan hasil evaluasi menyeluruh, Gunung Marapi saat ini masih berada pada Status Level III (Siaga) dengan rekomendasi diantaranya, masyarakat di sekitar Gunung Marapi dan pendaki, pengunjung dan wisatawan agar tidak memasuki dan tidak melakukan kegiatan di dalam wilayah radius 4.5 kilometer dari pusat erupsi (Kawah Verbeek).

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

Masyarakat yang bermukim di sekitar lembah dan aliran atau bantaran sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Marapi agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar yang dapat terjadi terutama di saat musim hujan.

Dan, jika terjadi hujan abu maka masyarakat diimbau untuk menggunakan masker penutup hidung dan mulut untuk menghindari gangguan saluran pernapasan (ISPA), serta perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit. Selain itu agar mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang tebal agar tidak roboh.

PDI Perjuangan Sumatera Barat Menang Atas Gugatan Leo Murphy