Ratusan Rumah Terendam Banjir di Kota Bandar Lampung

Dampak Banjir Kota Bandar Lampung
Sumber :
  • Humas BNPB

Padang – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis, banjir merendam 789 rumah di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung yang terjadi pada Jumat 12 April 2024.

Empat Arahan Tegas BNPB Percepat Distribusi Bantuan Korban Banjir dan Longsor Sulawesi Selatan

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menyebut, berdasarkan laporan Pusdalops BNPB banjir dipicu oleh intensitas curah hujan yang tinggi terjadi pukul 02:00 WIB yang menyebabkan sejumlah wilayah terdampak banjir.

Banjir kata Abdul, meliputi Kelurahan Pesawahan di Kecamatan Teluk Betung. Kelurahan Gedung Pakuan dan Pesawahan di Kecamatan Teluk Betung Selatan. Kelurahan Bakung dan Olok Gading di KecamatanTeluk Betung Barat. 

Banjir Terjang Lima Kecamatan di Soppeng, 2.957 Jiwa Terdampak

"Dampak banjir sebanyak 789 KK terdampak, dilaporkan tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini,"kata Abdul Muhari, Sabtu 13 April 2024. 

Informasi dari BPBD Kota Bandar Lampung kata Abdul, banjir di sejumlah wilayah kota Bandar Lampung itu kini sudah berangsur surut. Penanganan banjir Tim Satgas BPBD Kota Bandar Lampung melakukan upaya evakuasi pada warga yang rumahnya terendam, dan pengeringan banjir dengan pompa.

Satu Warga Tewas Akibat Banjir Sidenreng Rappang 

Ia menekankan, berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah Kota Bandar Lampung pada hari ini, kondisi cuaca pada siang hari berawan dan sore hari hujan sedangkan pada Minggu besok, kondisi cuaca berawan siang harinya, pada sore cuaca hujan disertai petir.

"Antisipasi terjadinya banjir akibat faktor cuaca. BNPB menghimbau Pemerintah daerah dan masyarakat agar waspada untuk warga yang mendiami wilayah lereng dan rawan banjir bila terjadi hujan dengan intensitas tinggi lebih dari satu jam agar segera evakuasi mandiri ke tempat yang lebih aman,"tutup Abdul.