Kian Gawat, Status Gunungapi Ruang Naik ke Level Awas

Gunung Ruang Meletus
Sumber :
  • Humas BNPB

Padang – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi, resmi menaikkan status Gunung Ruang, Sulawesi Utara ke level IV atau awas sejak Rabu 17 April 2024 pukul 21.00 WITA. 

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menyebut bahwa peningkatan status ini merupakan yang tertinggi untuk gunung tersebut, dilakukan setelah menunjukkan aktivitas vulkanik yang terus meningkat sejak awal bulan ini.

"Hasil catatan instrumental yang dirilis PVMBG, pada selasa malam kemarin, Gunung Ruang mengalami erupsi eksplosif dengan estimasi tinggi kolom mencapai 2 ribu meter dari puncak,"kata Abdul Muhari, Kamis 18 April 2024 

Banjir Tiga Kecamatan di Musi Rawas Utara Berangsur Surut

Menurut Abdul, kondisi erupsi Gunung Ruang terus meningkat hingga kolom abu mencapai 2.500 meter dari puncak pada tanggal rabu kemarin pukul 01.08 WITA. 

Lalu, pada pukul 21.15 WITA, erupsi eksplosif kembali terjadi dengan kolom abu berwarna kelabu hingga hitam dengan tinggi sekitar 3.000 meter disertai suara gemuruh dan gempa yang turut dirasakan di Pos Pengamatan Gunungapi Ruang.

51.812 Jiwa Terdampak Banjir Bandang Musi Rawas Utara

Laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sitaro kata Abdul, erupsi Gunungapi Ruang menyebabkan terjadinya hujan abu disertai batu dan kerikil dan mencapai ke permukiman warga yang ada di pesisir Tagulandang

"Beberapa warga dilaporkan terkena lontaran kerikil dan bebatuan tersebut dan sudah mendapat penanganan intensif,"ujar Abdul Muhari.

Halaman Selanjutnya
img_title