Naik Level Awas, Warga Dilarang Dekati Radius 6 Kilometer Dari Puncak Gunung Ruang

Gunung Ruang Meletus
Sumber :
  • Humas BNPB

Padang – Status Gunung Ruang, Sulawesi Utara resmi naik level dari selumnya level III siaga menjadi level IV atau awas. Kenaikan status ini, dilakukan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi sejak Rabu 17 April 2024 pukul 21.00 WITA. 

Banjir Tiga Kecamatan di Musi Rawas Utara Berangsur Surut

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menyebut menyusul kenaikan status itu, PVMBG telah mengeluarkan beberapa rekomendasi bagi masyarakat sekitar atau pengunjung agar tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 6 kilometer dari pusat kawah aktif Gunungapi Ruang.

"Masyarakat yang bermukim pada wilayah Pulau Tagulandang dan berada dalam radius 6 kilometer agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius 6 kilometer,"kata Abdul Muhari, Kamis 18 April 2024. 

51.812 Jiwa Terdampak Banjir Bandang Musi Rawas Utara

Selain itu kata Abdul Muhari, masyarakat di Pulau Tagulandang, khususnya yang bermukim di dekat pantai, juga diminta agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas (surge), dan gelombang tsunami yang dapat dipicu oleh runtuhan tubuh gunungapi ke dalam laut.

Lalu, masyarakat juga diimbau untuk selalu menggunakan masker, untuk menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernafasan.

Penanganan Darurat Tetap Berlanjut Meskipun Status Gunungapi Ruang Turun menjadi Level III

"Masyarakat di sekitar Gunung Ruang diharap tenang, beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu tentang erupsi dan tetap mengikuti perkembangan aktivitas Gunungapi Ruang dari pihak berwenang seperti Pos Pengamatan Gunungapi Ruang, PVMBG, BNPB, BPBD dan lainnya,"tutup Abdul Muhari.