BNPB Ledakkan Dua Batu Raksasa di Kawasan Gunung Marapi 

Persiapan Peledakan
Sumber :
  • Padang Viva / Andri Mardiansyah

Padang – Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengklaim operasi demolish atau peledakan dua batu raksasa di wilayah Sungai Pua, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, berjalan lancar. Demolish itu dilakukan pada Jumat kemarin.

Banjir Rendam Ratusan Rumah di Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menyebut bahwa peledakan ini merupakan bagian dari upaya untuk mencegah terjadinya bencana susulan (banjir lahar dingin dan bandang) akibat batuan besar yang masih ada di hulu sungai dan berpotensi menghalangi aliran air.

"Demolish dilakukan pada dua bongkahan batu dari lima batu yang direncanakan," kata Abdul Muhari, Sabtu 1 Juni 2024. 

BNPB Dorong Percepatan Penanganan Banjir dan Longsor di Sumsel

Sementara untuk Tiga batu lainnya kata Abdul, akan dipecahkan dengan menggunakan metode breaker berdasarkan rekomendasi dari Badan Geologi yang ikut mendampingi selama proses demolish berlangsung.

"Berkat persiapan matang, demolish berjalan tanpa hambatan selama 30 menit. Sebelum pelaksanaan, Wali Nagari setempat telah melakukan sosialisasi kepada warga untuk meninggalkan rumahnya dan menuju titik lokasi aman yang telah disiapkan,"ujar Abdul.

Satu Warga Hilang dalam Peristiwa Banjir dan Longsor di Tanggamus Lampung

Pasca demolish kata Abdul, Badan Geologi menyatakan tidak terdapat dampak geologis di lokasi peledakan. Namun, satu unit rumah warga terdampak lemparan batu di atapnya akibat "flying rock" atau lemparan batu. 

Khusus untuk kerusakan ini, menurut Abdul pemerintah daerah akan melakukan perbaikan pada rumah warga yang terdampak dan warga pun sudah dapat kembali ke rumahnya masing-masing.

Halaman Selanjutnya
img_title