Atasi Stunting Puskesmas Bukit Surungan Luncurkan Program Pemberian Pangan Olahan 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang, dr. Faizah
Sumber :
  • Diskominfo Padang Panjang

Padang – Upaya penanganan stunting di Kota Padang Panjang, terus digencarkan. Kali ini, UPTD Puskesmas Bukit Surungan yang membawahi empat kelurahan meluncurkan program pemberian Pangan Olahan Keperluan Media Khusus (PKMK) kepada 12 balita stunting di wilayahnya.

Solok Selatan Percepat Penurunan Stunting

Penyerahan PKMK sudah dilakukan di Aula Puskesmas Bukit Surungan pada sejak Jumat kemarin. Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang, dr. Faizah menyebut PKMK yang diberikan kepada 12 balita stunting ini dikemas dalam bentuk susu pabrikan yang telah memenuhi persyaratan sesuai ketentuan dari BPOM. Susu ini akan diberikan selama tiga bulan ke depan sebagai tambahan nutrisi bagi balita stunting.

"PKMK ini merupakan makanan tambahan untuk balita yang mengalami stunting. Anak-anak tetap harus makan dan minum susu seperti biasa, dan ditambahkan dengan susu ini. Jangan sampai mengurangi makan anak-anak kita," kata Faizah, Sabtu 15 Juni 2024.

Hampir Seratus Warga Padang Panjang Terjangkit Tuberkulosis 

Dengan pemberian PKMK ini kata Faizah, diharapkan dapat membantu meningkatkan berat badan dan gizi balita stunting sehingga mereka dapat keluar dari kondisi stunting.

"Kita harapkan setelah mengonsumsi susu ini, anak-anak balita sasarannya ini bisa mengalami kenaikan berat badan dan memiliki gizi yang cukup," ujar Faizah.

RSUD dr. Rasidin Diminta Jemput Bola dan Tingkatkan BOR

Penanganan stunting kata Faizah, membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak, termasuk Puskesmas, Dinas Kesehatan, lurah, dan masyarakat.

"Kita tidak bisa bekerja sendiri dalam menangani stunting. Diperlukan kerjasama dari semua pihak, termasuk lurah dan masyarakat, untuk memastikan program ini berjalan dengan efektif," tutup Faizah.