Malam Tadi Mentawai Diguncang Gempa Magnitudo 4.0 

Ilustrasi - Seismograf mencatat getaran gempa
Sumber :
  • ANTARA/Shutterstock/pri

Padang – Gempabumi dengan magnitudo 4.0 menggetarkan tanah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Minggu malam 21 Juli 2024. 

Kejati Selidiki Dugaan Korupsi di Koni Sumatera Barat

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika stasiun Geofisika Padang Panjang mencatat, sebelum Gempa ini, juga ada kejadian dua kali gempabumi dengan magnitudo sama yakni 3.1.

Yang pertama, terjadi pada pukul 15.14 WIB dengan pusat lokasi berada di 2.88 Lintang Selatan dan 100.03 Bujur Timur atau 21 kilometer BaratDaya pulau Pagai Utara, Mentawai dengan kedalaman 18 Kilometer.

Mal Pelayanan Publik di Padang Panjang Mulai Beroperasi

Lalu gempa kedua terjadi pada pukul 19:55 WIB yang berpusat di 51 Kilometer tenggara Pulau Siberut, Mentawai. Gempa kedua ini berada di kedalaman 5 kilometer. 

BMKG lalu kembali mencatat gempabumi Magnitudo 4.0 kembali terjadi pada pukul 21.15 WIB ini, berpusat di 2.45 Lintang Selatan dan 99.82 Bujur Timur atau tepatnya di 31 Kilometer Tenggara, Pulau Sipora, Kepulauan Mentawai. 

Viral, Rumah Ibadah Jemaat GBI Dharmasraya Dibongkar Paksa

Hasil pemodelan BMKG Stasiun Geofisika Padang Panjang, gempabumi dengan kedalaman hanya 11 kilometer tersebut, tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami

Pun dengan aftershock alias gempa-gempa susulan, sampai saat ini tidak terjadi. Meski demikian, warga di Kepulauan Mentawai dan zona merah kegempaan dan tsunami di Sumatera Barat, diimbau untuk tetap waspada terhadap ancaman bahanya gempa dan tsunami yang setiap saat bisa saja terjadi.