Kompolnas Pantau Proses Ekshumasi dan Otopsi Ulang Jenazah Afif Maulana

Rangkaian Proses Ekshumasi Jenazah Afif Maulana
Sumber :
  • Padang Viva/Andri Mardiansyah

Padang – Ketua Harian Kompolnas, Benny Mamoto menyebut dirinya hadir saat proses ekshumasi yang dilakukan tim ahli forensik terhadap jenazah Afif Maulana di TPU Tanah Sirah, Kota Padang, Sumatera Barat, sebagai bentuk pengawalan. Termasuk juga mengawal berlangsungnya proses otopsi di RSUP M Djamil Padang, Kamis 8 Agustus 2024. 

Sudah ada Tersangka di Kasus Pembunuhan Nia Kurnia Sari Gadis Penjual Gorengan 

"Kompolnas hadir sebagai bentuk pengawalan proses autopsi ulang yang akan dilakukan di RSUP M Djamil Padang. Ini tentunya sesuai harapan dan permintaan keluarga,"kata Benny Mamoto, Kamis 8 Agustus 2024. 

Soal hasil kata Benny, ia meminta semua pihak untuk bersama-sama menunggu hasil otopsi itu keluar dan diumumkan. Yang bisa menjelaskan soal itu adalah ahlinya. 

DPRD Solsel Sepakat Usulkan Martius Jadi Ketua DPRD Defenitif 

"Kepada semua pihak agar dapat menunggu hasil otopsi ulang. Tentunya, mengacu kepada hasil yang telah dilakukan para tim ahli. Mari kita mengacu kepada hasil, bukan menduga-duga. Ini ahli yang turun langsung. Ahli ini telah melakukan ekshumasi di beberapa kasus," tutup Benny Mamoto. 

Rangkaian Proses Ekshumasi Jenazah Afif Maulana

Photo :
  • Padang Viva/Andri Mardiansyah
Polisi Mulai Kepung Pelaku Pembunuh Gadis Penjual Gorengan di Padang Pariaman

Diketahui, proses ekshumasi dan otopsi ulang jenazah Afif Maulana ini melibatkan lima orang Dokter forensik yang berasal dari Persatuan Dokter Forensik dan Medikolegal Indonesia (PDFMI). 

Hasil otopsi ulang ini, disebut akan digunakan untuk kepentingan proses penyelidikan. Sekaligus memastikan kembali penyebab kematian Afif Maulana yang selama ini diyakini akibat adanya tindakan kekerasan yang dilakukan oknum aparat Kepolisian Daerah Sumatera Barat saat melakukan operasi cipta kondisi pada Minggu dini hari, 9 Juli 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title