Kota Padang Zero Kasus Virus Cacar Monyet

Ilustrasi layanan kesehatan
Sumber :
  • pixabay

Padang – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Padang, Sumatera Barat, Citra Septiyenri menyebut bahwa sampai saat ini belum ditemukan adanya warga Padang yang terkonfirmasi terjangkit virus monkeypox (Mpox) atau cacar monyet

DPRD Solsel Sepakat Usulkan Martius Jadi Ketua DPRD Defenitif 

Meski demikian kata Citra Septiyenri, pihaknya terus mengimbau kepada seluruh warga Kota Padang menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan membudayakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

"Sejauh ini belum ditemukan kasus cacar monyet. PHBS dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat sebagai upaya pencegahan yang bisa kita lakukan sebagai pencegahan penyakit ini bagi warga Kota Padang,” kata Citra Septiyenri dikutip dari keterangan resminya, Senin 2 September 2024.

Polisi Mulai Kepung Pelaku Pembunuh Gadis Penjual Gorengan di Padang Pariaman

Dijelaskan Citra, penyakit ini bisa terjadi lantaran adanya infeksi dari orang yang telah terkena virus cacar monyet, dan kemudian jika ada luka atau goresan yang terkena pada orang yang baru maka bisa berpotensi tertular cacar monyet.  

"Kasus cacar monyet ini dari tahun lalu pun masih belum terdeteksi di Kota Padang. Diminta masyarakat sadar akan menjaga imunitas tubuh agar tetap sehat dan fit dan terhindar dari segala penyakit," ujarnya.

Pilkada Lawan Kotak Kosong di Dharmasraya Batal ?

Diketahui, seorang warga Brebes, Jawa Tengah, saat ini dirawat di ruang isolasi RSUD Brebes karena terindikasi terjangkit cacar monyet. Direktur RSUD Brebes, dr. Rasipin, mengatakan bahwa pasien tersebut saat ini sedang dirawat dan berada dalam pengawasan tim medis di ruang isolasi. 

Meski belum ada kepastian apakah pasien benar-benar terinfeksi virus Mpox, RSUD Brebes mengambil langkah pencegahan untuk menghindari penyebaran virus itu.