Gunung Marapi Erupsi Lagi, Tinggi Kolom Abu Capai 800 Meter

Erupsi Marapi
Sumber :
  • Padang Viva

Padang – Gunung Marapi yang terletak di Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Sumatera Barat kembali menunjukkan aktivitas vulkaniknya dengan erupsi yang terjadi pada Sabtu 26 Oktober 2024.

Pemko Padang Klaim Inflasi Periode September 2024 Turun

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat letusan yang terjadi pada pukul 13.05 WIB ini, disertai dengan semburan abu vulkanik setinggi kurang lebih 800 meter diatas puncak dengan visual kolom abu teramati bewarna kelabu.

PVMBG mencatat, kolom abu vulkanik tersebut condong mengarah ke timur laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 3.3 milimeter dengan durasi 7 menit 23 detik.

Kampung Pengawas Pemilu di Agam Diresmikan, Sekab Ajak Masyarakat Kawal Proses Demokrasi

Saat ini, gunung Marapi masih berada pada level II alias waspada dengan rekomendasi diantaranya, masyarakat di sekitar, pendaki, pengunjung atau wisatawan agar tidak memasuki dan tidak melakukan kegiatan di dalam wilayah radius 3 kilometer dari pusat erupsi (Kawah Verbeek) Marapi.

Lalu, masyarakat yang bermukim di sekitar lembah atau aliran dan bantaran sungai-sungai yang berhulu di puncak Marapi agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar yang dapat terjadi terutama di saat musim hujan.

BNN Gagalkan Peredaran Ratusan Kilogram Ganja di Sumatera Barat

Jika terjadi hujan abu, maka masyarakat diimbau untuk menggunakan masker penutup hidung dan mulut untuk menghindari gangguan saluran pernapasan (ISPA), serta perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit. 

Selain itu agar mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang tebal agar tidak roboh.